Ciri-ciri demam berdarah pada orang dewasa.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Waspada penyakit lupus, kenali penyebab, gejala dan cara mengatasinya

Demam berdarah (DBD) pada orang dewasa dapat menunjukkan berbagai gejala, mulai dari yang ringan hingga berat. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum DBD pada orang dewasa:

Gejala awal:


1. Demam tinggi, penderita DBD umumnya memiliki suhu tubuh mencapai 40°C atau lebih, berlangsung selama 2-7 hari.

BACA JUGA :
Ramai banyak anak sekolah terindikasi Thalasemia, kenali pengertian, gejala, serta cara mengobatinya

2. Sakit kepala, biasanya terasa berat dan mengganggu. Sakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Nyeri otot dan sendi, tak jarang pula rasa sakit bisa terasa di seluruh tubuh atau hanya di beberapa area.

4. Ruam kulit, tak menutup kemungkinan bila penyakit DBD juga muncul bintik-bintik merah atau ruam yang dapat menyebar ke seluruh tubuh.

5. Mual dan muntah, gejala ini dapat terjadi beberapa kali dalam sehari.

6. Diare, pada beberapa kasus, diare ringan dapat terjadi.

Gejala yang lebih parah (DBD Berdarah):

1. Bintik merah atau memar pada kulit, yakni munculnya bintik-bintik merah kecil atau memar spontan tanpa penyebab yang jelas.

2. Mimisan, ada pula yang mengalami perdarahan spontan dari hidung.

3. Perdarahan gusi, penderita DBD membuat gusi mudah berdarah saat menyikat gigi atau makan.

4. Muntah darah, muntah yang mengandung darah merah atau kecoklatan.

5. Nyeri perut, nggak cuma muntah namun ada pula rasa sakit yang parah di perut bagian atas atau bawah.

6. Kotoran berwarna hitam, penderita DBD memiliki kotoran berwarna hitam pekat atau menyerupai tar, menandakan adanya perdarahan di saluran pencernaan.

7. Kesulitan bernapas, di mana kamu merasa sesak napas atau napas cepat yang menandakan adanya penumpukan cairan di paru-paru.

Tips mencegah demam berdarah.

foto: freepik.com

Demam berdarah (DBD) merupakan penyakit yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegahnya. Berikut beberapa langkah penting yang dapat dilakukan:

1. Melakukan 3M plus.

- Menguras bak air.
Kosongkan tempat penampungan air, seperti bak mandi, drum, dan toren air, minimal setiap minggu. Pastikan tidak ada air yang tergenang di sekitar rumah.

- Menutup.
Tutup rapat tempat penampungan air dengan rapat, seperti menggunakan tutup bak atau plastik.

- Menyedot.
Bersihkan wadah penampungan air, seperti bak mandi, dari lumut dan kotoran.

- Plus:

a. Memanfaatkan kembali barang bekas.
Ubah barang bekas yang dapat menampung air, seperti ban bekas, botol plastik, dan kaleng, menjadi benda lain yang bermanfaat. Pastikan untuk tidak menumpuk barang-barang tersebut sebab bisa menjadi sarang nyamuk.

b. Gunakan kelambu saat tidur, terutama di daerah yang rawan DBD. Selain itu, gunakan obat nyamuk yang mengandung DEET, picaridin, atau IR3535.

c. Kenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang saat beraktivitas di luar ruangan, terutama saat pagi dan sore hari.

d. Pelihara ikan pemakan jentik nyamuk, seperti ikan cupang atau burayak ikan mas. Serta lakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk.

2. Menjaga kebersihan lingkungan:

Hindari membuang sampah sembarangan, terutama di tempat-tempat yang dapat menampung air. Pastikan tidak ada genangan air disekitar rumah, supaya tidak ada jentik jamur yang berkembang biak. Untuk perlindungan maksimal, jangan lupa untuk gunakan kawat kasa pada lubang ventilasi dan jendela rumah.

3. Vaksinasi dengue.

Vaksinasi dengue dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus dengue. Vaksin ini tersedia di beberapa negara, termasuk Indonesia. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah kamu perlu mendapatkan vaksinasi dengue atau tidak.

4. Konsultasi ke dokter.

Jika kamu mengalami gejala DBD, seperti demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, ruam kulit, mual dan muntah, segera periksakan diri ke dokter. Semakin cepat kamu mendapatkan diagnosis dan pengobatan, semakin besar peluang untuk sembuh.

 

(brl/far)