Brilio.net - Berdasarkan hasil undian Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak ketiga Zona Asia yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (27/6), Indonesia masuk dalam grup C bersama Jepang, Australia, Saudi Arabia, Bahrain dan China. Bisa dikatakan bahwa Skuat Garuda harus melewati perjalanan yang cukup berat.

Keenam negara tersebut akan bertanding dan bertemu satu sama lain menggunakan format kandang tandang. Dua tim dengan peringkat tertinggi, akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara peringkat ketiga dan keempat masih punya asa untuk bertarung di ronde keempat. Sementara dua tim peringkat terbawah harus berbesar hati dan mengulang kesempatan di Piala Dunia berikutnya.

BACA JUGA :
Jadwal tanding Indonesia di grup C kualifikasi piala dunia ronde ketiga, perdana lawan Saudi Arabia

Adapun yang akan bertemu Indonesia pertama kali pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia adalah Saudi Arabia. Pada pertandingan perdana yang digelar pada tanggal 5 September 2024 mendatang, Indonesia akan hadir sebagai tim tamu. Sementara, pertemuan kandang Skuat Garuda melawan negara minyak tersebut dijadwalkan pada tanggal 19 November 2024.

Melawan negeri pimpinan Raja Salman tersebut, sejatinya Indonesia memiliki rekor yang buruk. Dalam catatan pertemuan, Skuat Garuda sudah bertemu Saudi Arabia sebanyak 12 kali. Pertemuan kedua tim tersebut pertama kali terjadi pada1986 dan terakhir pada ajang kualifikasi piala asia 2014.


Dari semua pertemuan tersebut, Indonesia tidak pernah sekalipun meraih kemenangan. Satu-satunya catatan bagus bagi kesebelasan Tanah Air adalah saat pertandingan persahabatan pada 7 Oktober 2011. Saat itu, Indonesia bisa menahan Imbang Saudi Arabia dengan skor kacamata 0-0.

BACA JUGA :
Timnas Indonesia di grup C babak 3 kualifikasi piala dunia 2026, Arab Saudi dan Jepang siap menghadang

foto: Instagram/@pssi

Selanjutnya, laga kedua Timnas akan berhadapan dengan Australia. Diketahui, Australia sendiri adalah negara langganan tampil di Piala Dunia. Secara pertemuan, keduanya sudah bertanding sebanyak 19 kali. Dalam pertemuan tersebut, tercatat Indonesia kalah sebanyak 15 kali, 4 kali seri, dan satu kali kemenangan.

Kemenangan tersebut didapat saat Indonesia menjamu Negara Kangguru itu di Jakarta pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 1982 Zona Asia. Saat itu indonesia unggul 1-0 lewat gol Herry Risdianto. Pertandingan ketiga Indonesia akan melawan negara Timur Tengah, Bahrain. Dari 7 pertemuan secara keseluruhan, Skuat Garuda memperoleh 2 kemenangan, 2 seri dan mengalami 3 kekalahan.

Kemenangan terakhir yang didapat Indonesia adalah pada ajang Piala Asia 2007. Saat itu Indonesia menjadi tuan rumah dan mengalahkan Bahrain dengan skor 2-1. Sementara itu, Indonesia pernah mengalami kekalahan pahit pada tanggal 29 Februari 2012. Di mana Indonesia dibantai tanpa ampun dengan skor 10-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2014.

foto: Instagram/@pssi

Diketahui, Bahrain adalah satu-satunya pesaing Indonesia di grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang belum pernah mencicipi Piala Dunia. Indonesia akan dijadwalkan bertanding melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024 (laga tandang) dan juga 25 Maret 2025 untuk (laga kandang).

Lawan selanjutnya untuk kesebelasan Tanah Air adalah China. Diketahui, kedua negara ini telah bertemu sebanyak 17 kali dari berbagai ajang sepak bola. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia hanya mengemas 3 kemenangan, dan 3 hasil seri. Sisanya, Skuat Garuda harus puas dengan keunggulan negara pimpinan Xi Jinping itu.

Pertemuan terakhir Indonesia melawan China terjadi pada 15 November 2015. Saat itu, Indonesia kalah dengan skor 1-0 di ajang kualifikasi Piala Asia 2015. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Shanxi, Xi'an, Provinsi Jiaodaruisen, China.

foto: Instagram/@pssi

Sementara yang terakhir, Indonesia akan menghadapi tim kuat Jepang pada tanggal 14 November 2024 di laga kandang dan 10 Juni 2025 pada laga tandang. Diketahui, Indonesia sudah bertemu sebanyak 16 kali melawan Jepang di seluruh ajang sepak bola.

Namun, kesebelasan Garuda lagi-lagi menuai rekor yang buruk. Secara keseluruhan, Indonesia meraih kemenangan sebanyak 5 kali dan 2 kali imbamg. Sementara itu, 9 kali Indonesia harus mengalami kekalahan dengan Negeri Sakura tersebut. Pertandingan terakhir Indonesia terjadi pada 24 Januari 2024 lalu pada fase grup Piala Asia. Indonesia harus kalah dengan skor 3-1 dari Jepang.

Meski harus berhadapan dengan tim-tim kuat, namun hal tersebut tak memupuskan rasa optimistis pecinta sepak bola Tanah Air. Apalagi belakangan Skuat Garuda menunjukkan performan baik. Sebelumnya, Shin Tae-yong sekalu pelatih Timnas Indonesia menargetkan finis di posisi 3-4. Tak menutup kemungkinan, target tersebut bisa tercapai atau bahkan pasukan Garuda membawa kejutan.

"Jika dalam undian grup nanti kami mendapatkan tiga tim yang masih bisa kami lawan, saya rasa kami bisa berjuang untuk posisi 3-4. Dengan begitu, kami juga bisa menargetkan babak keempat. Kami juga memikirkan kemungkinan play-off," kata Shin Tae-yong usai laga lawan Filipina di ajang Kualifikasi Piala Dunia round 2 pada 11 Juni 2024 lalu.

 

(brl/mal)

RECOMMENDED