Brilio.net - Sopyah, gadis asal Indramayu, Jawa Barat yang mengubah penampilannya demi menghidupi keluarga sempat viral di media sosial. Ia rela nyamar bak lelaki mulai dari pakaian hingga potongan rambut, tak lain agar bisa diterima bekerja sebagai kuli bangunan.

Semua ini dilakukan Sopyah demi menafkahi satu-satunya keluarga yang tinggal bersamanya, yakni adiknya, Samsul. Saat menjadi bintang tamu Deddy Corbuzier, gadis 23 tahun ini mengaku bukan hal mudah untuk bisa bekerja sebagai kuli bangunan.

BACA JUGA :
HP hasil tabungan dijual orang tua karena terhimpit ekonomi, kondisi bocah 13 tahun ini bikin prihatin

Ia sempat ditolak bahkan ditertawakan karena ingin menjadi seorang kuli. Mengingat, ia merupakan seorang perempuan. Alasan itulah yang membuat Sopyah rela mengubah penampilannya bak seorang lelaki. Ia pun membuktikan bahwa dia mampu melakukan pekerjaan berat sebagaimana layaknya seorang pekerja kuli bangunan.


foto: YouTube/Deddy Corbuzier

BACA JUGA :
Anak SMP rawat ortu stroke ini huni rumah alas semen tanpa kasur, 10 potret huniannya bikin ikut miris

"Pertama waktu rambutnya masih panjang ditolak karena perempuan. (Sengaja) potong rambut supaya orang mikir cowok. Nama tetap sama Sopyah," ujarnya dilansir brilio.net dari YouTube Deddy Corbuzier, Rabu (5/6).

"Pertama-tama belum tahu, saya ditolak. Hampir diketawain 'wah pasti lemah cewek'. Saya keluarin tenaga," imbuhnya menambahkan.

Diungkapkannya, ia menjalani pekerjaan menjadi kuli bangunan seperti yang dilakukan para lelaki. Bukan hanya membangun rumah dan mengaduk semen, Sopyah pun memecahkan batu besar yang diperkirakan memiliki berat hingga 25 kilogram.

"Mecahin batu yang gede, pakai alat besi yang gede ada kali 25 kilo (nggak ada yang bantuin) udah biasa," katanya.

Pekerjaan berat yang ia jalani pun tak sebanding dengan gaji yang didapatkan. Hidup dengan penghasilan pas-pasan, Sopyah terpaksa harus tinggal di tanah kuburan lantaran tak bisa menyewa kamar kost. Lantaran sejak ibunya sakit, ia tinggal berpindah-pindah karena rumahnya dijual untuk biaya pengobatan.

foto: YouTube/Deddy Corbuzier

"Saya nggak punya rumah, saya numpang. Di tanah kuburan. Di atas makam. Cuma pakai tikar," tuturnya.

Ia tak hanya berdua saja dengan Samsul, Sopyah merupakan 4 bersaudara. Adik bungsunya tinggal bersama dengan kakak pertama yang telah berkeluarga. Sementara itu, sang ayah bekerja di Jawa Tengah.

"Adik dibawa udah lama. Sama kakak. Kakak udah nikah. Sama susah juga di sana," jelasnya.

Kondisi ini sontak membuat Deddy Corbuzier terkejut. Sebab, Sopyah menjelaskan bahwa ia tidur di atas kuburan hanya beralaskan tikar. Ditambahkan Sopyah jika pemerintah setempat tak pernah menawarinya untuk pindah, melainkan hanya memberi pekerjaan dan menyekolahkan adiknya Samsul.

"Serem sih serem. Tapi mau gimana lagi. Nggak ada tujuan lagi," pungkasnya.

 

(brl/lea)

RECOMMENDED