Brilio.net - Di era digital yang serba online ini, kemudahan dalam bertransaksi membawa konsekuensi yakni meningkatnya aksi penipuan. Para penipu semakin canggih dengan memanfaatkan berbagai modus untuk menipu korban dan mengambil alih akun mereka.

Salah satu platform yang sering dimanfaatkan oleh para penipu untuk menjebak korbannya adalah aplikasi WhatsApp. Penipuan melalui aplikasi tersebut biasa dilakukan dengan cara mengirimkan link ke nomor ponsel orang lain, dengan tujuan agar penerima pesan mengklik link tersebut.

BACA JUGA :
Wanita ini masak ikan tuna campur susu evaporasi hasil meniru di YouTube, bikin sekeluarga masuk UGD

Setelah link ditekan, maka akan terjadi sesuatu hal buruk yang tidak diinginkan seperti instal aplikasi. Jika aplikasi itu terpasang, penipu bisa mengakses data atau akun finansial korbannya. Seperti yang baru-baru ini dialami oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @____kiuu.

Melalui unggahannya, ia mengaku mengalami modus penipuan oleh seseorang yang menyamar sebagai pelanggan, dengan membeli barang dagangannya. Beruntung, ia menyadari modus penipuan tersebut. Lucunya, wanita tersebut malah mendapatkan untung dari sang penipu usai dirinya mengungkapkan kekesalannya. Sontak, kejadian yang dialaminya ini menjadi sorotan hingga viral di TikTok.


BACA JUGA :
Kisah wanita terima lamaran pria lain & putuskan pacar sehari sebelum menikah, endingnya bikin nyesek

foto: TikTok/@____kiuu

Wanita tersebut membagikan pengalamannya saat hampir menjadi korban penipuan dalam beberapa slide foto. Awalnya, wanita itu mendapat pesan dari seseorang yang ingin memesan sebuah celana yang ia jual di akun Instagram-nya. Tampak dalam unggahan, orang yang diduga penipu tersebut meminta untuk melanjutkan proses pembelian ke WhatsApp.

"Idup lagi nganggur2nya tiba2 ditransfer duit sama penipu," tulis wanita tersebut dalam unggahannya, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @____kiuu, Jumat (31/5).

Lebih lanjut, calon pembeli itu langsung menanyakan terkait ketersediaan barang yang diinginkannya melalui WhatsApp. Namun, saat hendak melakukan pembayaran, calon pembeli ini langsung melakukan transfer melalui salah satu platform digital yang menggunakan uang elektronik. Namun, ia mengaku mengalami kegagalan dalam proses transfer tersebut.

foto: TikTok/@____kiuu

Kemudian, calon pembeli tersebut memberikan sebuah link kepada wanita tersebut dengan maksud agar ia membuka dan memeriksa apakah uang yang ditransfernya sudah masuk atau belum. Namun, wanita tersebut menyadari bahwa tindakan calon pembeli itu adalah salah satu modus penipuan.

Akan tetapi, wanita tersebut masih terus meladeni calon pembeli yang sebenarnya adalah penipu itu. Ia berdalih jika uang yang dikirimkan tersebut kurang. Akan tetapi, penipu berusaha untuk fokus dan membujuk sang wanita untuk mengklik link yang sudah dikirimkan.

Merasa sedikit kesal dengan apa yang didapatinya itu, wanita tersebut langsung mengirim pesan menohok kepada penipu. Aksi wanita ini langsung membuat penipu kesal, sehingga sang penipu langsung memblokir nomor wanita itu. Tak sampai di situ saja, wanita itupun kemudian mengirimkan pesan kepada sang penipu melalui DM di Instagram. Ia mengungkapkan kekesalannya karena penipu tega melakukan hal tersebut kepadanya.

foto: TikTok/@____kiuu

Alih-alih berdebat atau membela diri, sang penipu justru dibuat simpatik dengan apa yang dialami oleh wanita tersebut. Bahkan, penipu itu justru secara tiba-tiba mengirimkan sejumlah uang kepada wanita tersebut.

"Lah? WKWKW malah dikasih duidd," tulisnya dalam salah satu slide di unggahannya.

Selain itu, penipu juga memberikan saran kepada wanita tersebut terkait modus penipuan. Ia juga menceritakan bahwa kejadian tersebut mengingatkan dirinya dengan korban yang pernah ditipunya, namun sang penipu justru mengembalikan uang korbannya karena merasa kasihan.

foto: TikTok/@____kiuu

(brl/wen)

RECOMMENDED