Brilio.net - Teman memang sosok yang bisa kamu andalkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi orang terdekat, membuat siapa saja nyaman untuk bercerita atau berkeluh kesah. Bahkan tak jarang sesama teman kerap meminta bantuan. Jika memang bisa, pastinya teman dengan senang hati membantu.

Misalnya, seorang teman yang menolong kamu menyelesaikan tugas kuliah, menolong ketika motor habis bensin di jalanan saat tengah malam, sampai membantu kamu menggarap pekerjaan. Pokoknya, alangkah bergunanya mempunyai teman.

BACA JUGA :
Berawal dari iseng, cerita penggemar dapat baju gratis dari Ariel Tatum ini bikin iri

Namun ada kalanya kamu dan temanmu akan berpisah, menjalani kehidupan masing-masing. Ada yang masih intens berkomunikasi, namun ada pula yang sudah tidak tahu kabar masing-masing. Saking lamanya tidak berkomunikasi, kamu dan dia pun seakan sudah saling melupakan satu sama lain.

Namun apa jadinya jika teman lamamu yang sudah lama tidak ada kabar, tiba-tiba menghubungi? Tidak sekadar menanyakan kabar, teman kamu itu ternyata langsung ingin meminjam uang kepadamu. Kira-kira apa yang akan kamu lakukan?


BACA JUGA :
Kisah penjual laksa dapat pembeli misterius selalu beli kuah doang, terharu setelah tahu alasannya

 

teman lama tiba-tiba ngechat pinjam uang
freepik.com

Topik ini lah yang baru-baru ini ramai jadi perbincangan warganet di media sosial. Dilansir brilio.net via akun Instagram @mood.jakarta, Rabu (26/6), akun ini mengunggah ulang tangkapan layar yang memicu banyak orang berbagi pendapat di kolom komentar.

Postingan tersebut berisi tangkapan layar riwayat chat seorang teman lama yang tiba-tiba menghubungi setelah sekian lama tidak bertemu. Menariknya, tanpa basa-basi bertanya kabar atau semacamnya, si kawan langsung to the point hendak meminjam uang pada teman lamanya tersebut.

"Assalamualaikum bro. Maaf sebelumnya apa saya bisa pinjam uangmu untuk beli voucher listrik cuma 100 ribu. Insya Allah saya kembalikan bulan Juli besok. Mohon bantuannya ya bro," tulis chat tersebut.

teman lama tiba-tiba ngechat pinjam uang
Instagram/@mood.jakarta

Namun, pria yang menerima chat teman lamanya ini diketahui malah bersikap tega. Alih-alih memberikan uang pinjaman, dia ini malah membalas chat berisi penolakan kepada temannya.

"Bismillah harus ditega-tegain," tulis orang tersebut dalam keterangan postingan.

Nggak cuma sekadar menolak, dia juga menulis pesan secara detail bahwa teman lamanya ini seharusnya meminta bantuan pada orang terdekatnya terlebih dahulu.

"Saranku sebaiknya kamu pinjam sama orang terdekat dulu ya: Keluarga, Kerabat, Tetangga, Sahabat dekat, Teman dekat, Teman jauh. Kalau dari nomor 1 s/d 5 kamu belum dapat pinjaman berarti kamu ada masalah dari segi muamalah dengan mereka," tulisnya.

Dirinya merasa heran kepada temannya kenapa tiba-tiba menghubunginya dan langsung hendak meminjam uang. Padahal, sebelumnya tak pernah saling bertanya kabar sekalipun.

teman lama tiba-tiba ngechat pinjam uang
Instagram/@mood.jakarta

"Sedangkan aku sudah beberapa tahun nggak pernah ketemu (kamu), nggak pernah juga saling bertanya kabar, tapi tiba2 km skrg pinjam uang. Ketahuilah bro bahwa hutang itu adalah pemutus tali silaturahmi yg paling tajam," tulis orang tersebut dalam chat balasannya.

Hal inilah yang bikin warganet menuliskan berbagai responnya. Sebagian ada yang sepakat, sebagian ada yang kurang setuju mengingat jumlah yang dipinjam tidak terlalu banyak.

"Sopan dan jelas sih menurutku. Dan jawabannya memang benar. Dia punya keluarga/sahabat/orang dekat juga pasti," tulis akun @k_i__ki_aaaa.

"Intinya mah jadi orang jangan nggak enakan dah titik," timpal akun @alnakbr.

"Kalau aku ya, ini kalau aku, semisal ada orang yang betul-betul urgent seperti itu, karna aku pernah susah dan aku tau posisi saat susah. Semisal dia pinjam Rp100 ribu, aku InsyaAllah akan meminjamkan, tapi aku sudah siap untuk Rp100 ribu tsb tidak dikembalikan. Jadi niatan aku hanya membantu kesusahannya, dan mungkin lewat dia, Allah menegur aku untuk berbagi dengan yang membutuhkan," tulis akun @bheby_ydh0205.

"Nggak tega darimananya ini? Ya bagiku jawabannya sangat masuk akal. Jika orang terdekat aja nggak percaya sama kamu, ya gimana orang lain? Jadi dari dianya sendiri yang harus intropeksi diri. Paling kalau udah gini bisa juga ngajuin pinjol, nah itu kamu bisa merasakan kalau kamu pinjem uang sama orang lain tapi nggak balikin rasanya gimana," tulis akun @stefanushasbiputra.

"Lebih ke cara nolaknya sih yang ribet. Tinggal bilang: Mohon maaf ya bro lagi nggak ada duit. Selesai. Nggak perlu ngetik panjang lebar," tulis akun @rahmad_dani22.

 

(brl/ola)

RECOMMENDED