Brilio
Discover the best food

Nggak cuma wortel, 6 makanan ini juga sangat baik untuk kesehatan mata

Kesehatan

Nggak cuma wortel, 6 makanan ini juga sangat baik untuk kesehatan mata

Jadi kalau bosan dengan wortel tapi tetap ingin menjaga kesehatan mata kamu bisa mengganti dengan beberapa pilihan makanan ini.

Home » Kesehatan

15 Maret 2018 08:07, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Sama seperti sayuran lainnya, wortel juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tumbuhan berwarna jingga ini terkenal sebagai sayuran yang sangat baik bagi mata.

Kandungan vitamin A dan beta karoten yang dimiliki wortel inilah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin, wortel dapat meningkatkan pandangan jarak jauh.

Nah ternyata selain wortel, masih ada beberapa makanan lain yang juga baik untuk penglihatan mata. Jadi kalau bosan dengan wortel tapi tetap ingin menjaga kesehatan mata kamu bisa mengganti dengan beberapa pilihan makanan ini.

Berikut 6 makanan yang juga baik untuk kesehatan mata seperti brilio.net lansir dari hellosehat.com, Kamis (15/3).

1. Gandum

Tak cuma wortel © 2018 Istimewa

foto: sportourism.id

Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah ini dapat membantu mengurangi risiko degenarasi makula yang disebabkan oleh faktor usia. Selain itu, gandum atau biji-bijian utuh kayak beras merah, oat, quinoa, roti gandum dan pasta gandum juga dapat meningkatkan kesehatan mata karena kesemua bahan itu mengandung vitamin E, seng dan niasin (B3).

2. Buah sitrus dan buah berry

Tak cuma wortel © 2018 Istimewa

foto: clickinmyheels.com

Makanan dengan kandungan vitamin C juga dapat mengurangi risiko degenarasi makula dan katarak. Hal ini karena vitamin C memiliki kandungan antioksidan paling tinggi.

Maka buah-buahan sitrus dan berry seperti jeruk, lemon, strawberry, blueberry dan raspberry yang tinggi kandungan vitamin C sangat baik untuk kesehatan mata. Buah-buahan lain yang mengandung vitamin C adalah pepaya, paprika, tomat, kiwi dan jambu biji.

3. Telur

Tak cuma wortel © 2018 Istimewa

foto: alhadath.ps

Dalam telur terdapat lutein, zeaxanthin, vitamin A dan seng yang merupakan zat gizi yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Lutein dan vitamin A dapat melindungi mata dari kebutaan di malam hari dan kekeringan pada mata.

Kemudian Lutein, zeaxanthin dan seng juga dapat meningkatkan kesehatan mata dengan cara mengurangi risiko degenerasi makula.

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Tak cuma wortel © 2018 Istimewa

foto: tiptophomeremedies.com

Vitamin E yang terkandung pada biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji bunga matahari dan kacang almond diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dengan cara memperlambat degenerasi makula.

Biji-bijian dan kacang-kacangan lainnya yang juga bermanfaat untuk kesehatan mata adalah walnut, kacang polong, kacang tanah, kacang lima, kacang merah dan lentil.

5. Ikan

Tak cuma wortel © 2018 Istimewa

foto: shutterstock.com

Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat membantu melindungi mata dari kekeringan, mencegah degenerasi makula dan juga katarak. Selain itu, bukti juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki sifat antiperadangan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain adalah ikan tuna, salmon, sarden dan makerel.

6. Sayuran hijau

Tak cuma wortel © 2018 Istimewa

foto: gootoknow.co.uk

Sayuran hijau seperti bayam, daun kale, sawi, brokoli dan lobak hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang cukup tinggi. Kedua zat gizi ini merupakan karotenoid yang ditemukan pada retina.

Makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak.

RECOMMENDED

(brl/ton)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Nggak cuma wortel, 6 makanan ini juga sangat baik untuk kesehatan mata.
Jadi kalau bosan dengan wortel tapi tetap ingin menjaga kesehatan mata kamu bisa mengganti dengan beberapa pilihan makanan ini.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/nggak-cuma-wortel-6-makanan-ini-juga-sangat-baik-untuk-kesehatan-mata-180314i.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP