Brilio
Discover the best food

13 Makanan ini ternyata tetap bisa kamu makan meski sudah kedaluwarsa

Kesehatan

13 Makanan ini ternyata tetap bisa kamu makan meski sudah kedaluwarsa

Jangan keburu dibuang dulu ya!

Home » Kesehatan

26 Februari 2018 07:37, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Pernah nggak sih kamu lagi nyari makanan di dapur atau kulkas dan baru sadar hampir sebagian makanan yang kamu punya ternyata sudah kedaluwarsa? Akhirnya dengan berat hati makanan-makanan itu kamu buang ke tempat sampah karena melihat tanggal kedaluwarsa yang sudah lewat. Sayang sih, tapi mau gimana lagi?

Eits, ternyata nggak semua makanan yang sudah melewati masa kedaluwarsanya itu nggak bisa kamu makan lagi lho. Meski tanggal yang tertera pada bungkus makanan sudah menunjukkan batas akhir, nggak berarti makanan itu sudah nggak bisa untuk dimakan lagi karena ada beberapa makanan yang masih aman dikonsumsi.

Departemen Pertanian Amerika serikat menyatakan bahwa beberapa makanan masih aman untuk dikonsumsi hingga 18 bulan kemudian setelah melewati tenggat kedaluwarsanya. Ditambah, semua label produksi seperti tanggal kedaluwarsa yang tertera pada suatu produk makanan lebih mengacu untuk kualitas makanan dibanding keamanan suatu makanan.

Berikut 13 makanan yang tetap bisa dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa seperti dilansir brilio.net dari cheatsheet.com, Minggu (25/2).

1. Daging.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: internationalmeatcompany.com

Mungkin terdengar sedikit mengejutkan bahwa daging bisa dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa, namun itulah kenyataannya. Berdasarkan Los Angeles Times, ternyata ada cara untuk memperpanjang usia daging yaitu dengan membekukannya dalam freezer. Hal ini dapat memperlama usia pakai daging hingga 50%.

 

2. Makanan kaleng.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: scienceabc.com

NPR melaporkan bahwa tidak perlu mengkhawatirkan tanggal kedaluwarsa makanan, terutama jika makanan tersebut berupa makanan kalengan. Kemanan dan nutrisi pada makanan jenis ini dapat tersimpan dengan baik selama bertahun-tahun, kecuali jika kaleng tersebut sudah rusak. Namun kemungkinan rasanya dapat berubah.

 

3. Keju bertekstur keras.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: offthegridnews.com

Berdasarkan laporan The Food Network, keju dengan tekstur yang keras seperti cheddar dan parmesan dapat dikonsumsi meski sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Bahkan ketika jamur sudah mulai bermunculan. Pastikan untuk memotong bagian yang terkena jamur ketika akan mengonsumsinya. Keju jenis ini dapat bertahan hingga satu bulan setelah tanggal kedaluwarsa.

 

4. Buah dan sayur-sayuran segar.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: greatist.com

Sebagian buah dan sayuran yang dijual di supermarket biasanya dibubuhi tanggal kedaluwarsa pada produknya. Namun seperti yang sudah kita ketahui, jika sayur dan buah masih layak untuk dimakan jika bentuknya belum berubah menjadi dan berbau busuk.

 

5. Telur.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: shop.aussiefarmers.com.au

Sama seperti buah dan sayur, telur juga terkadang dibubuhi tanggal kedaluwarsa. Akan tetapi menurut The Food Network, biasanya telur masih aman dikonsumsi setelah lewat kedaluwarsanya. Untuk melihat hal ini kamu tidak perlu memecahkannya. Cukup dengan menaruhnya di dalam mangkuk berisi air, jika telur tenggelam berarti aman untuk dikonsumsi dan jika sebaliknya, maka telur tersebut sudah tidak layak untuk dimakan.

 

6. Butter.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: euractiv.com

The Food Network menyarankan untuk menaruh butter yang mau kedaluwarsa ke dalam freezer hingga beku. Hal ini akan membuatnya lebih segar dan tahan lama. Cukup cairkan butter jika akan digunakan. Namun sebaiknya butter langsung digunakan sampai habis setelah dicairkan.

 

7. Susu.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: everydayhealth.com

Selain telur, produk lainnya yang selalu berada di dalam kulkas adalah susu. Ternyata susu juga dapat dikonsumsi meski kedaluwarsa, jika ditempatkan pada posisi yang tepat di dalam kulkas. Menurut Los Angeles Times, sebaiknya menempatkan susu pada bagain yang paling dalam di kulkas untuk memperpanjang usianya.

 

8. Yogurt.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: daringgourmet.com

Menurut laporan BBC, yogurt juga termasuk ke dalam jenis makanan yang aman dikonsumsi setelah lewat kedaluwarsanya. Memang jika yogurt yang sudah dibuka tentunya akan lebih cepat kedaluwarsa dibanding yang belum dibuka. Nah jika kamu memiliki yogurt yang belum dibuka, yogurt tersebut dalam bertahan hingga berminggu-minggu setelah masa kedaluwarsanya berlalu. Bahkan beberapa ahli tetap mengkonsumsi yogurt yang sudah berjamur, jamur sudah dibersihkan terlebih dahulu.

 

9. Sereal.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: honeycolony.com

Jika kamu mempunyai sereal yang sudah kedaluwarsa sebaiknya jangan langsung dibuang. Pasalnya menurut The Food Network, menjelaskan bahwa sereal tetap aman dikonsumsi hingga enam bulan setelah masa kedaluwarsanya berlalu. Namun beberapa sereal rasanya menjadi berubah.

 

10. Cookies dan keripik kentang.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: bettycrocker.com

Cookies, keripik kentang dan makanan ringan lainnya seperti biskuit kreker dapat dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa. The Food Network menambahkan, rasa yang apek akan menunjukkan bahwa makanan tersebut sudah kedaluwarsa. Tapi jika kamu tidak bermasalah dengan perubahan rasanya, hal ini tidak akan menjadi masalah besar. Selama makanan tidak berbau tidak enak dan tidak beruabh menjadi remahan ketika dipegang.

 

11. Roti.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: prevention.com

Roti bukanlah jenis makanan yang terlihat dapat dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa. Nyatanya, menurut The Food Network menjelaskan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan roti sebenarnya diasumsikan jika kamu tidak menaruh roti pada tempat yang tertutup. Namun jika kamu sudah menaruhnya pada lemari atau kulkas, maka roti itu masih aman dikonsumsi selama tidak terdapat jamur.

 

12. Makanan beku.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: printpack.com

Makanan yang sudah dibekukan memang akan bertahan dengan waktu yang lebih lama jika dimasukkan ke dalam freezer. Seperti yang dijelaskan The Food Network, temperatur yang dingin dapat menjaga makanan menjadi busuk. Yang perlu dikhawatirkan adalah perubahan yang terjadi pada rasa makanan beku tersebut.

 

13. Cokelat.

meski sudah kedaluwarsa © 2018 Istimewa

foto: ingredientsnetwork.com

Mungkin kamu pernah membuang cokelat yang tampilannya sudah berbuah menjadi putih karena menyangkanya sebagai jamur. Ternyata dugaan kamu selama ini salah. Berdasarkan laporan BBC, cokelat akan membentuk lapisan putih yang juga disebut dengan "bloom" ketika cokelat terekspose oleh udara. Lapisan putih ini muncul karena lemak cokelat yang meleleh dan muncul ke permukaan. Artinya, cokelat yang kamu punya tetap aman dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa

RECOMMENDED

(brl/del)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    45%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    36%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    18%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

13 Makanan ini ternyata tetap bisa kamu makan meski sudah kedaluwarsa.
Jangan keburu dibuang dulu ya!
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/13-makanan-ini-ternyata-tetap-bisa-kamu-makan-meski-sudah-kedaluwarsa-180225i.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP