Brilio.net - Siapa sih, di sini yang nggak suka ngemil? Rasanya hampir semua orang pasti nggak bisa nolak kalau dikasih atau dapat camilan. Sekali pun saat itu kamu udah mengonsumsi makanan berat, tetep aja camilan itu nggak akan kamu tolak. Ya nggak, hayo ngaku?

Biasanya godaan ngemil ini akan terasa lebih berat ketika memasuki jam malam. Tapi memang banyak yang menyadari kalau kegiatan yang satu ini emang selalu bikin kamu jadi serba salah sih. Mau nolak kok rasanya berat, tapi kalau tetep dilakukan nanti yang ada nyesel sendiri, karena bakal nambah berat badan dan jadi gendut.

Eits, tapi tenang, jangan bingung dulu.. Karena sebenarnya sekarang ini sudah banyak kok resep-resep camilan kekinian yang pastinya nggak akan bikin kamu jadi gendut. Jadi kamu tetap bisa ngemil tanpa merasa bersalah sama diri kamu sendiri lagi deh.

Mau tahu apa aja resep camilan kekinian yang sehat nan lezat ini? Berikut 7 resep dan cara mudah membuat camilan kekinian, seperti dilansir brilio.net dari cheatsheet.com, Rabu (21/2).


1. Kacang Arab panggang.

7 Resep camilan kekinian © 2018 Istimewa

foto: thekitchn.com


Kacang Arab sendiri memang merupakan camilan gurih yang enak dan sehat. Nah, apalagi kalau diberi bumbu dan dipanggang kayak gini.   

Bahan:
1. 2 kaleng kacang Arab ukuran 15 ons
2. 2 sdm minyak zaitun
3. 1/2 sampai 3/4 sdt garam
4. 2 sampai 4 sdt bubuk cabai atau bumbu lainnya, sesuaikan dengan selera

Cara membuat:
1. Panaskan oven dengan suhu 204 derajat celcius.
2. Cuci, keringkan dan bersihkan kacang Arab dari kulit luarnya.
3. Baluri kacang Arab dengan minyak zaitun di atas loyang. Pastikan semua sudah dibaluri minyak secara merata. Lalu tambahkan garam dan aduk lagi sampai rata.
4. Panggang dalam oven selama 20 sampai 30 menit. Sambil dipanggang aduk setiap 10 menit sekali dan tunggu hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan.
5. Setelah dipanggang, taburi dengan bubuk cabai dan aduk hingga rata. Sajikan selagi hangat dan renyah.  


2. Es krim stik buah persik.

Loading...

7 Resep camilan kekinian © 2018 Istimewa

foto: eatingwell.com


Buah yang satu ini memiliki aroma harum yang khas dan rasa yang manis. Kebayang dong kalau dibuat jadi es krim stik? Tentunya segar dan menyehatkan.

Bahan:
1. 1 1/4 pon buah persik matang, bagi menjadi dua
2. Air perasan 1 buah jeruk lemon
3. 1/4 cup jus jeruk
4. 1/4 cup gula
5. 1/4 sdt ekstrak vanila

Cara membuat:
1. Hancurkan buah persik dengan food processor sampai halus. Tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan air perasan lemon, jus jeruk, dan gula lalu haluskan kembali.
2. Setelah halus, masukkan vanila lalu aduk hingga rata. Kemudian tuangkan ke dalam cetakan es krim stik dan masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 2 jam.


3. Milkshake alpukat cokelat.

7 Resep camilan kekinian © 2018 Istimewa

foto: skinnychef.com


Satu gelas milkshake memang selalu bisa dinikmati karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain itu, milkshake juga sehat apalagi kalau dibuat dari buah-buahan.

Bahan:
1. 1/2 buah alpukat
2. 2 sdm gula cokelat
3. 2 sdm bubuk cokelat
4. 1 sdt ekstrak vanila
5. 1 1/2 cup susu skim

Cara membuat:
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Atur dengan kecepatan tinggi. Milkshake siap disajikan ketika semua bahan sudah tercampur menjadi satu dan halus.


4. Blueberry yogurt parfait.

7 Resep camilan kekinian © 2018 Istimewa

foto: cooking.nytimes.com


Yogurt dan buah blueberry merupakan dua jenis makanan yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Bahan:
1. 2 cup blueberry
2. 1/4 cup gula
3. 1 sdm perasan air jeruk nipis
4. 1/2 sdt balsamic vinegar
5. 2 cup Greek yogurt
6. 1 sdm kacang pistacio, cincang halus

Cara membuat:
1. Masukkan blueberry, gula, perasan air jeruk nipis dan balsamic vinegar dalam wajan yang berisi air mendidih. Masak selama 5-10 menit hingga berubah menyerupai selai. Tiriskan.
2. Dalam gelas parfait, masukkan 1/4 cup yogurt lalu tambahkan 2 sdm saus blueberry yang sudah didinginkan sebelumnya. Tambahkan lagi 1/4 cup yogurt kemudian tuangkan 2 sdm saus blueberry. Lalu masukkan dalam kulkas selama 1 jam.


5. Keripik apel.

7 Resep camilan kekinian © 2018 Istimewa

foto: bhg.com


Camilan sehat ini bisa menggantikan keripik kentang yang biasanya tidak sehat karena banyak mengandung MSG.

Bahan:
1. 2 buah apel berukuran besar
2. 1/4 cup gula putih
3. 1/4 sdt chipotle chile pepper

Cara membuat:
1. Panaskan oven dengan suhu 94 derajat celcius. Siapkan loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti. Sisihkan.
2. Potong apel secara silang menjadi potongan yang tipis. Tata potongan apel di atas loyang.
3. Lalu campur gula dan chipotle chile pepper dalam mangkuk kecil. Setelah itu taburkan di atas potongan apel. Pastika kedua sisi sudah terbalur bumbu.  
4. Panggang selama 2 sampai 2 1/2 jam atau sampai terlihat mengering di kedua sisinya. Setelah 2 jam, dinginkan dan keripik apel siap disajikan.


6. Selai kacang dan kismis rendah lemak.

7 Resep camilan kekinian © 2018 Istimewa

foto: popsugar.com


Camilan ini cocok buat kamu pecinta selai kacang. Meskipun semua selai kacang baik untuk tubuh namun jika dikonsumsi berlebih akan meningkatkan asupan kalori harianmu. Nah coba bikin selain kacang dan kismis rendah lemak yang satu ini deh.

Bahan:
1. 3/4 cup kismis
2. 1 cup saus apel
3. 1 sdm bubuk kayu manis
4. 1 cup selai kacang alami

Cara membuat:
1. Didihkan air dalam wajan dan masukkan kismis, saus apel dan bubuk kayu manis. Masak selama 8-10 menit atau sampai berubah menjadi kental.
2. Masukkan adonan kismis ke dalam food processor. Tambahkan selai kacang dan hancurkan hingga halus.
3. Selai kacang dan kismis pun siap disajikan.  


7. Gurihnya kacang edamame.

7 Resep camilan kekinian © 2018 Istimewa

foto: cheatsheet.com


Pasti tahu dong sama jenis kacang-kacangan yang satu ini? Eits, tapi jangan disamakan dengan kacang polong lho ya, karena keduanya berbeda. Edamame dikenal mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga baik bagi tubuh.

Bahan:
1. Garam secukupnya
2. 1 pon kacang edamame segar dengan kulitnya
3. Lada hitam secukupnya

Cara membuat:
1. Didihkan air kemudian tambahkan garam secukupnya. Masukkan edamame dan didihkan kembali. Masak selama 3-5 menit atau sampai edamame berubah warna menjadi hijau terang. Keringkan.
2. Setelah kering, taburkan garam dan lada hitam sesuai selera. Kacang edamame gurih pun siap disajikan.

RECOMMENDED