Menurut informasi yang dikumpulkan dari akun tersebut, wanita yang tidak diketahui identitasnya itu punya penghasilan Rp 3 juta dalam sebulan. Meski pendapatannya lebih tinggi di atas UMR Jogja, tapi siapa sangka, pengeluarannya dalam sebulan sedikit banget.

Beruntungnya, wanita ini masih tinggal bersama keluarga di rumah orang tuanya. Jadi untuk keperluan household tidak terlalu banyak karena masih numpang orang tua. Kendati demikian, dia tetap membeli keperluan pribadinya dan beberapa bahan dapur saja.

BACA JUGA :
Viral momen seorang pria jualan es di pengajian ini teknik marketingnya bikin orang berasa dimarahin

foto: TikTok/@lil.pisces6


Sementara itu, untuk uang makan, wanita ini hanya membuat pos dana seminggu Rp 50 ribu untuk makan. Makan di sini bisa diartikan juga sebagai jajan tapi dengan porsi mengenyangkan. Tapi karena konsep frugal living yang diterapkannya itu, membuat wanita ini memilih membawa bekal sendiri ketimbang banyak jajan di luar.

BACA JUGA :
Pria ini bagikan momen ketemu perempuan bak kembaran mendiang ibunya, kemiripannya hampir identik

"Tiap ke kantor selalu bawa bekal dari rumah. aku selalu membatasi maksimal pengeluaran untuk makan seminggu 50k," ujarnya.

Meskipun terkadang harus menahan karena teman-teman kantornya suka jajan. Tapi wanita itu punya tips sederhana, dimana dia akan makan ketika benar-benar lapar. Sehingga makanan yang biasa saja terasa nikmat.

foto: TikTok/@lil.pisces6

Bekerja di sebuah perusahaan di Jogja membuat wanita ini harus pulang pergi kantor - rumah dengan kendaraan. Untungnya, jarak antara rumah dengan kantor tidak terlalu jauh, yakni cuma 4,5 kilometer saja. Dengan jarak di bawah 10 kilometer itu, total biaya bensin yang dikeluarkan hanya Rp 80 ribu sebulan.

Menerapkan konsep hidup hemat bukan berarti kamu nggak menyisihkan uang untuk biaya tak terduga, ya. Karena seperti tetap ada kebutuhan lain yang diluar perkiraan, misalnya kalau dalam kasus ini dipakai untuk jasa MUA ke kondangan saudara. Wanita ini juga membeli skincare yang kalau ditotal cuma Rp 55 ribu saja. Sebagian uangnya yang lain dialokasikan untuk memberi ke orang tua dan adiknya.

foto: TikTok/@lil.pisces6

Bila direkap semua pengeluaran satu bulan (periode Februari), wanita yang berprofesi sebagai karyawan swasta ini cuma mengeluarkan Rp 1,7 juta saja dari total penghasilan tetapnya yang mencapai Rp 3 juta. Total biaya yang dikeluarkan selama sebulan itu bahkan nggak lebih besar dari UMR Jogja.

Video yang diunggah pada Minggu (9/7) langsung menuai perhatian dari warganet. Beragam respon ditinggalkan oleh warganet lewat kolom komentar. Ada yang tidak percaya bahwa wanita tersebut bisa hemat uang segitunya, ada pula yang minta tips lainnya.

"kalau masih satu rumah sama orang tua mah aman. yang ngekos sehari aku langganan catering aja 35k per hari blm jajan," ujar a little cupcake.

"apalah daya anak kosan, pengeluaran buat makan ga mungkin segitu sih," kata dey cegil era.

"gw juga umr jogja, sebulan ya kadang 1.5 paling dikit, rata² 2jtan abis.. inimah terlalu hemat njir," timpal Nyonyah YoungK.

"GUE GABISAAAi mean buat skincare kok bs cm 50?!!!!," imbuh fitriaaa.

 

(brl/far)