Brilio.net - Warganet di media sosial baru-baru ini tengah membincangkan WNA asal Denmark yang memberi perhatian kepada masyarakat daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dilansir brilio.net dari akun Instagram @thekristianhansen, Kamis (27/6), pria bernama Kristian Hansen ini berhasil membantu warga setempat memperbaiki jembatan yang rusak. Perbaikan jembatan itu menggunakan modal puluhan juta rupiah dari penggalangan dana yang dikumpulkan hanya dalam waktu 24 jam.

BACA JUGA :
Bohong biar tertib, aksi driver ojek online sengaja tipu pengendara motor lawan arah ini tuai atensi

foto: Instagram/@thekristianhansen

Mulanya, Hansen yang suka berpetualang mengendarai motor ke banyak tempat ini menemukan sebuah jembatan yang telah lama rusak di Desa Bajo Sampela, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Pria yang juga YouTuber ini pun langsung beraksi.


"Waktu saya datang ke desa ini, semua orang bilang 'be careful'," ungkapnya.

BACA JUGA :
Contoh perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, lengkap dengan tips memahamkannya pada siswa

Bahkan menurut Hansen, beberapa kali jembatan tersebut menimbulkan kecelakaan pada anak-anak dan lansia. Terungkap, jembatan kayu sederhana itu telah berdiri sejak 10 tahun lalu.

foto: Instagram/@thekristianhansen

"Jembatan mereka sudah berusia lebih dari 10 tahun. Terkadang, anak-anak dan orang tua jatuh hingga terluka," terangnya.

Tak berdiam diri, Hansen seketika berinisiatif. Lewat aksi nyatanya mengumpulkan donasi di situs filantropi, para warga setempat mendapat bantuan senilai Rp 75 juta dalam kurun waktu 24 jam saja.

foto: Instagram/@thekristianhansen

Dengan uang yang terkumpul, Hansen mengajak warga untuk gotong royong memperbaiki jembatan agar layak dan aman kembali.

"Dan penduduk setempat setuju untuk gotong royong. Lalu kami beli kayu sebanyak mungkin. Dan dari kekuatan gotong royong, kami bangun kembali jembatan mereka," ceritanya.

Nggak berhenti disitu, sisa dana perbaikan jembatan itu diberikan Hansen untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan. Dinding hingga atap rumah warga yang rusak turut diperbaiki agar layak ditempati.

foto: Instagram/@thekristianhansen

Kini warga setempat telah berhasil memiliki jembatan dan rumah yang layak huni. Dalam video singkatnya itu, Hansen mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah bersedia memberikan uluran tangan.

"Jadi, terima kasih kepada lebih dari 300 orang di dunia yang sudah membantu kami mewujudkannya," tutupnya.

Aksi nyata sosok WNA asal Denmark tersebut menuai dukungan publik. Banyak di antaranya yang turut mengucapkan terima kasih hingga memuji aksi mulia Hansen.

"Bang Bule baik banget. Makasih ya bang," tulis akun @anissina_30

"Ini baru hasil nyata, bukan cuma wacana, keren ente Mister," tulis akun @dunia_saya25.

"Best of the best," tulis akun @muhnurbada.

"Satria piningit tapi dari Denmark," tulis akun @van_barukering.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kristian Hansen (@thekristianhansen)

 

 

(brl/jad)

RECOMMENDED