Karena itu ada salah satu sekolah tidak melakukan tradisi-tradisi tersebut. Mereka memilih untuk melakukan hal bermanfaat. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @smkypidarussalam1cerme. Aksi mereka ini benar-benar bikin salut.

BACA JUGA :
Cuma lulusan SMP, kisah pria sukses beternak 500 sapi & bertani nanas ini kegigihannya patut dicontoh

rayakan kelulusan ini bikin angkat topi
TikTok/@smkypidarussalam1cerme

Sebagai bentuk rasa syukur atas kelulusan yang mereka terima. Murid-murid SMK YPI Darussalam Cerme, Gresik ini melakukan ibadah bersama dengan teman-teman seangkatan. Acara tersebut dilakukan di Masjid.


"Alhamdulillah Ya Rabb atas nikmat kelulusan ini, Semoga berkah," tulis akun tersebut.

BACA JUGA :
Kisah pasangan tinggalkan Jakarta pilih menetap di Magelang demi wujudkan mimpi punya taman baca

rayakan kelulusan ini bikin angkat topi
TikTok/@smkypidarussalam1cerme

Tampak dalam video, Masjid tempat mereka berkegiatan penuh sampai shaf paling belakang. Selain beribadah, mereka juga mendengarkan tausiyah dan kajian di tempat tersebut. Selanjutnya, murid-murid itu saling salam dengan para guru yang juga mengikuti kegiatan.

Setelah beribadah, mereka langsung keluar masjid melakukan sesuatu yang tak kalah menginspirasi. Murid-murid tersebut membagikan satu box makanan kepada pengguna jalan yang sedang melintas. Lagi-lagi hal itu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur di mana 100% teman seangkatan mereka telah dinyatakan lulus.

Senyum merekah dan kebahagiaan yang anak-anak SMK itu alami saat ini ternyata turut dirasakan juga oleh pengguna jalan. Tentunya lewat aksi berbagai yang mereka lakukan. Tampak di video pengguna  jalan juga memberikan senyum.

rayakan kelulusan ini bikin angkat topi
TikTok/@smkypidarussalam1cerme

Apa yang dilakukan anak SMK ini pun menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang tentunya memuji tindakan tersebut. Warganet tentunya berharap bahwa tradisi ini juga ditiru oleh sekolah-sekolah lain.

"Akhirnya ada juga generasi penerus bangsa yang  nggak error minsetnya," kata akun @azzagrachantiq.

"Daripada corat coret, lebih baik seragamnya dikasih ke pelajar yang kurang mampu. Supaya pelajar yang kurang mampu bisa merasakan coret coretan," tulis akun @ramdhanandm.

"Fix, orang tua mereka, sekolah mereka, lingkungan mereka berhasil mendidik dan membesarkan generasi cerdas dan berkualitas," ujar akun @chandra.ady.

"Ini baru anak muda yang punya pikiran dan nggak mentingin trend atau adat sekolah yang negatif," komentar akun @jikuyy_.

rayakan kelulusan ini bikin angkat topi
TikTok/@smkypidarussalam1cerme

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @smkypidarussalam1cerme sudah menghimpun ribuan penonton. Selain itu video tersebut juga telah direpost oleh berbagai akun sosial media.

(brl/ola)