Brilio.net - Menerapkan gaya hidup frugal living dengan menghemat pengeluaran menjadi salah satu pilihan tepat untuk meraih impian jangka panjang. Alih-alih pelit, orang-orang yang menerapkan frugal living lebih mengutamakan kebutuhan dari segi nilainya.

Sebagaimana yang dilakukan oleh ibu muda berikut ini. Siapa sangka, di usianya yang masih kepala dua, ia bisa mewujudkan keinginannya dari gaji awalnya setara UMR. Semua ini berkat konsep frugal living yang diterapkannya jauh sebelum menikah.

BACA JUGA :
Cara ibu muda atur uang terapkan frugal living bisa punya mobil di usia 25, bujet masak Rp 20.000/hari

Brilio.net menyadur dari akun TikTok @chintyamelsan, wanita bernama Chintya Melsan ini mengungkapkan jika ia disiplin mengatur keuangan secara efektif meski gaji yang didapatnya kala itu jauh dari angka fantastis.

Menolak godaan hidup berlebihan dan fokus memprioritaskan untuk tujuan jangka panjang, ia pun berhasil menyisihkan uang Rp 20 juta untuk tabungan. Tak sekedar itu saja, dari gaya hidup hemat yang ia jalani, ia bisa menghadiahkan kekasihnya nonton motogp di luar negeri, menggelar pernikahan dari uang yang disimpannya selama ini, hingga merenovasi ulang rumahnya.


BACA JUGA :
Wanita ini punya tabungan Rp 100 juta di usia 20 tahun lewat frugal living, rajin beli lauk di warteg

foto: TikTok/@chintyamelsan

"Kalo ga nerapin frugal living dari awal kerja, ga akan tahu kalo gaji UMR bisa punya tabungan puluhan juta. Bisa ke LN pertama (Malaysia) kadoin pacar (skrg suami) nonton motogp. Bisa punya tabungan untuk nikah," terangnya, Rabu (12/7).

Setelah menikah, ia dan sang suami pun sepakat untuk tetap hidup hemat. Bahkan, meski gajinya sudah naik di angka dua digit, ia memilih tak boros membelanjakan barang. Untuk mengelola keuangan rumah tangganya, Chintya menerapkan dual income. Artinya, ia menggabungkan gajinya dan suami untuk memenuhi kebutuhan mereka.

 

(brl/lea)

RECOMMENDED