Konsep ini rupanya mengajarkan Chintya jadi lebih cermat dan bijak dalam membelanjakan uang. Dalam kesehariannya, ia lebih memilih memasak di rumah daripada membeli.

Ia pun menghapus belanja bulanan dalam daftar rencananya, dan menggantinya dengan berbelanja sesuai kebutuhan. Ia pun tak malu memakai pakaian bukan dari barang branded.

BACA JUGA :
Cara ibu muda atur uang terapkan frugal living bisa punya mobil di usia 25, bujet masak Rp 20.000/hari

foto: TikTok/@chintyamelsan


"Nerapin belanja sesuai kebutuhan bukan 'belanja bulanan'," ungkapnya.

BACA JUGA :
Wanita ini punya tabungan Rp 100 juta di usia 20 tahun lewat frugal living, rajin beli lauk di warteg

Sementara untuk kebutuhan anak, ia justru lebih pilih meminjam peralatan bayi, seperti stroller dan pompa asi demi menghemat pengeluaran. Sehingga, keuangannya bisa lebih terkontrol dengan baik, meski peralatan bayi itu tak lagi digunakan.

foto: TikTok/@chintyamelsan

"Milih minjem stroller sebelum beli biar ga buang2 uang kalo anak ga suka. Pompa ASI juga rental dulu sebelum beli biar tau cocok atau engga. Ga implusive buying," imbuhnya.

Kendati demikian, ia masih bisa membahagiakan keluarga. Sesekali, ia dan suami pilih makan di luar dan juga liburan bersama ke luar kota.Semua ini buah dari dari gaya hidup hemat yang ia terapkan.

Tabungannya pun nggak hanya bisa untuk berlibur ke luar kota saja lho. Ia bahkan berhasil membeli mobil mewah panoramic impiannya. Selain itu, ia juga bisa memberangkatkan umroh orang tuanya ke Tanah Suci.

foto: TikTok/@chintyamelsan

Dari postingan video di TikTok Chintya, nggak sedikit warganet yang kagum dengan gaya hidup Chintya. Pujian serta rasa penasaran warganet sampaikan lewat kolom komentar di postingannya.

"Bisa punya mobil impian di usia 25th smp salse mobil nanya (kerja apa) krn biasanya yg bs beli di usia 30-35 thn. Bisa umrohin ayah Januari nanti (krn ayah mau ikut paket Turki dan adanya di thn dpn," pungkasnya.

"Kakkkk sharing ilmu karirrrr dongg hebat bgt penghasilan 25 jt di usia 25 caranya gimana," ucap @erika.limm

"kak thank you yah, skrg aku manifesting bisa begini. bukan manifesting bisa beli barang2 branded walaupun mau juga sih bisa beli, tapi mau sesuain," tambah @adisscantikk

"Gimana sih caranya aku gaji 2dijit abis mulu seblum tggl tua, pdhl uda merasa hemat. Dan aku hidup sndiri please pengen jg," tutur @nyntiamonicaaa_

(brl/lea)