Dalam video diperlihatkan, seseorang hendak memasuki sebuah kamar. Kamar tersebut tampak gelap. Hanya ada sekilas cahaya dari remang di dalamnya. Ketika si perekam video berjalan memasuki kamar gelap tersebut, terlihat penampakan seram di balik pintu kamar yang terbuka lebar ini.

BACA JUGA :
11 Potret kocak ekspektasi vs realita saat membuat makanan ini bikin males ngabisinnya, sedih pol

foto: Instagram/@english.bringlish

Terlihat sekilas, kepala nenek-nenek keriput seperti nongol dibalik pintu seperti menyambut si perekam video. Hal ini pun tentu membuat bergidik siapa saja yang menonton video pendek ini.


BACA JUGA :
Pasangan ini bagikan ekspektasi vs realita pas piknik di taman, malah gagal estetik

foto: Instagram/@english.bringlish

Namun seperti punya nyali yang besar, si perekam video terus saja berjalan menghampiri apa yang dilihatnya tersebut. Ketika berhasil didekati, ternyata benda yang awalnya dikira seonggok kepala itu hanyalah gumpalan plastik kresek yang terselip di antara ranjang dan bantal.

Hal itu pun tentu membuat lega. Karena momen seram ini nyatanya hanya tipuan penglihatan belaka. KEtika dibagikan ulang oleh akun Instagram @maskemindonesia, banyak arganet yang melihat video viral ini pun ikutan komentar dengan berbagai responsnya.

foto: Instagram/@english.bringlish

"Setahuku namanya Pareidolia. Pareidolia adalah fenomena psikologis yang terjadi ketika seseorang melihat sosok atau struktur mirip wajah pada benda mati. Fenomena ini sangat normal terjadi dan dianggap sebagai gangguan persepsi. Nah, pareidolia termasuk ilusi visual atau kekeliruan dalam memaknai sebuah gambar pada objek. Itu terjadi karena visualisasi yang ambigu dan banyak yg sering mengalaminya ," tulis pemilik akun @meilinda_widyapramesti yang menjelaskan fenomena ini secara ilmiah.

"Sangkain nenek-nenek lagi jongkok Ya Allah," kata akun @intan_fasion.

"Gua kira anak kecil pakai topi. Tapi ilusi kayak gini gue sering alamin juga sih ," timpal akun @liaantholyn.

"Kayak nenek-nenek pake kupluk nggak sih?" kata akun @fcy_kramm.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MASKEM (@maskemindonesia)

 

 

(brl/far)