Ini adalah pengakuan yang luar biasa dari seorang aktor ternama yang telah menemukan kedamaian dalam agama. Bagi banyak orang, membaca Alquran hingga 30 juz dalam sebulan adalah sebuah pencapaian besar.

Namun, bagi Will Smith, hal ini lebih dari sekadar prestasi. Ini adalah perjalanan spiritual yang mendalam baginya.

BACA JUGA :
Keutamaan membaca surat Al-Fil lengkap dengan Arab, latin, dan terjemahannya

"Ini adalah fase pencarian spiritual dalam hidup saya," terangnya.

Salah satu aspek yang mencengangkan dari wawancara tersebut adalah ketika Smith berbicara tentang kesederhanaan Alquran dan pengaruhnya dalam kehidupannya. Aktor berusia 55 tahun tersebut kemudian mengakui bahwa membaca Alquran membantu menghindari kesalahpahaman dan membawa kedalaman spiritual yang indah.


"Saya menyukai kesederhanaan, dan Alquran itu sangat jelas, sehingga menghindari kesalahpahaman,” kata Smith.

BACA JUGA :
Fanza Fauzan, difabel tuna netra inspiratif: Dulu otodidak tilawatil Alquran, kini sering juara lomba

foto: Instagram/@willsmith

Ayah Willow dan Jaden Smith juga mengungkapkan bahwa kisah Nabi Musa yang berada dalam Alquran, memberi dampak positif baginya. Ia juga kagum melihat banyak referensi tentang kisah Nabi Musa.

"Melalui Alquran, saya membaca tentang Musa dan pengalamannya,” ujarnya.

Will Smith mengaku tidak hanya membaca Alquran. Aktor pemeran The Pursuit of Happiness itu sebelumnya juga telah membaca Taurat dan Alkitab. Setelah membaca kitab-kitab tersebut, Will Smith terkejut bagaimana ketiganya ternyata berkesinambungan.

"Saya pernah membaca semua kitab suci, seperti dari Ibrahim. Saya sangat terkejut bagaimana semuanya terasa seperti satu cerita, dari Taurat, ke Alkitab, ke Alquran," ucapnya.

"Saya tidak pernah memahami garisnya dan ini pertama kali saya melihat garis itu, sungguh indah rasanya bisa mendapatkan kelengkapan pemahaman itu," lanjut sang aktor.

foto: Instagram/@willsmith

Di sisi lain, Smith turut mengungkap dirinya sempat berkunjung ke Arab Saudi dan ia menyukainya. Di sana, Smith singgah di kota Jeddah, Riyadh dan melakukan tur proyek NEOM.

"Ini merupakan ketiga kalinya saya mengunjungi Arab Saudi. Saya pernah mengunjungi kota Jeddah, tur untuk proyek NEOM, dan mengunjungi Riyadh dua kali," ungkapnya.

"Saya merasakan rasa memiliki dan saya suka kehidupan di sini," tandasnya.

Kisah perjalanan Will Smith ini menunjukkan bahwa kebenaran dan kebijaksanaan yang terkandung dalam Alquran tidak hanya relevan bagi umat Islam, tetapi juga bagi semua orang yang mencari pengetahuan dan kedamaian batin. Banyak orang yang menemukan arah hidup dan kebijaksanaan dalam agama, terlepas dari latar belakang atau profesi mereka.

(brl/lea)