Sopir adalah profesi pertamanya, sehingga ketika itu dia hanya mengoperasikan shuttle bus di wilayah Kuningan saja. Dia bekerja selama kurang lebih sebulan, sebelum akhirnya mendapat tawaran mewakili Indonesia dalam kejuaraan pencak silat UK Open di Inggris.

BACA JUGA :
Iko Uwais adu akting bareng Jet Li, aktor Tanah Air ini lebih dulu main film bareng aktor Mandarin

foto: Instagram/@iko.uwais

Adalah benar bahwa pria bernama asli Uwais Qorny merupakan atlet pencak silat hebat milik Tanah Air. Iko belajar pencak silat sejak usia 10 tahun. Dan pada 2003, dia meraih posisi ketiga di turnamen pencak silat tingkat DKI Jakarta.


Dua tahun berikutnya, dia didapuk sebagai Pesilat Terbaik dalam kategori demonstrasi di kejuaraan pencak silat nasional. Lewat pencak silat, Iko Uwais juga mendapatkan kesempatan untuk pergi ke luar negeri, sebut saja seperti Inggris, Rusia, Laos, Kamboja hingga Perancis.

BACA JUGA :
Mantan pacar Tyo Nugros kini jadi istri aktor laga top, intip 11 transformasinya

foto: Instagram/@iko.uwais

Perjalanan hidup Iko berubah saat dia diajak seorang sutradara asal Wales, Gareth Evans untuk bermain dalam film laga garapannya 'Merantau' (2009). Proses syuting itu dilakukan di sekolah silat tempat Iko. Dia kemudian memilih Iko Uwais sebagai pemeran utama.

Siapa sangka, film tersebut ternyata menjadi langkah awal Iko Uwais menjadi aktor film terkenal. Biarpun sekarang jadi aktor Hollywood terkenal, ternyata Iko pernah dibayar Rp 15 ribu ketika menjadi figuran.

"Saya pernah ikut casting-casting. tahun 2002 saya ikut tapi ya mungkin tuhan belum kasih kesempatan untuk terjun ke dunia itu. Mungkin belum saatnya. Honor 15 ribu itu untuk ongkos pulang pergi," ucap Iko dikutip dari Merdeka.com, Minggu (18/2).

foto: Instagram/@iko.uwais

 

(brl/mal)