Meski sempat panik dengan kondisi anaknya, dia mengatakan dirinya sudah terbiasa dengan situasi tersebut. Ia pun sudah tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Awalnya, ibu lima anak ini mencoba untuk memberikan uap sebagai pertolongan pertama. Saat saturasi tidak juga kunjung naik setelah 30 menit, Zaskia langsung memasangkan oksigen kepada sang putra.

BACA JUGA :
Bocah imut ini stop main sinetron dan fokus urus 6 anak sambil bisnis baju, karyawannya ratusan

Cara itu secara perlahan menaikkan saturasi Kama setelah begadang hingga pagi. Meski disebutnya belum bisa kembali normal sepenuhnya.

"Uap dulu, lalu 30 menit gak naik saturasi, kukasih oksigen sejam buat bantu. Kama nafas (mulai) enakan. Begadang semaleman sampai pagi, perlahan membaik walau belum normal," terangnya.


BACA JUGA :
Bikin makeup transisi, potret wajah cewek ini malah disebut mirip istri sutradara terkenal

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Masih dalam postingannya, Zaskia juga mengunggah kondisi udara pukul 02.30 WIB dini hari, tepat saat sang anak mengalami sesak napas. Dia cukup kaget karena meski waktu dini hari tapi kondisi udaranya tetap buruk.

Meski begitu, Zaskia tak langsung menyalahkan pemerintah atas polusi buruk yang terus terjadi. Ia mengungkapkan pihak pemerintah sudah mengambil langkah dengan memberlakukan work from home alias WFH, namun seakan tak ada efek apapun.

"Pemerintah ada saran buat WFH, tapi liat sendiri kan jam 2.30 pagi mostly semua orang tidur aja kualitas udara sama buruknya, entah bisa berharap sama siapa lagi selain Allah buat urusan udara ini. Napas aja takut sekarang tuh," ungkapnya.

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Kebijakan pemerintah yang menyarankan warga Jakarta agar melakukan WFH untuk menekan tingkat polusi dari kendaraan tampaknya belum membuahkan hasil. Kendaraan yang disebut-sebut menyumbangkan 40 persen dari polusi udara di Jakarta, nyatanya belum memberikan hasil optimal setelah adanya program WFH.

Postingan Zaskia itu kemudian langsung ramai menuai beragam komentar netizen. Banyak dari mereka turut doakan untuk kesembuhan Kama. Tak sedikit pula yang menyarankan istri Hanung Bramantyo itu pulang kampung dulu ke Yogyakarta demi kesehatan anak-anaknya.

"Ya ampun sad bgt liatnya cepet sembuh Kama sayang," komentar @lalasirat.

"Pindah k jogja aja Kak kn sehat di sana buat anak2," kata @cristine_mom_alfath.

"Semoga bia sekeluarga dimudahkan urusannya jadi bisa tinggal di jogja aja... Lekas sehat anak sholeh," sahut @puspa.dk.

"Itu pasti bukan dari polusi kendaraaan aja ..Harusnya oemerintah bisa mencari asal muasal datangnya polusi udara yg tdk wajar," tulis @yanie_solo.

(brl/jad)