Brilio.net - Israel kembali menyerang benteng pertahanan akhir pengungsi Palestina di distrik Tel Al Sultan, kota Rafah. Serangan yang terjadi sekitar pukul 10 malam pada Minggu (26/4) waktu setempat, mengakibatkan kebakaran yang menewaskan puluhan korban jiwa, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Peristiwa tragis ini pun mendapat kecaman dari banyak pihak. Mereka berbondong-bondong menyerukan slogan 'All Eyes on Rafah' yang menjadi trending di media. Tak sedikit figur publik, termasuk artis Indonesia hingga luar negeri, ikut menyuarakan dukungan kepada Palestina.

BACA JUGA :
100 Kata-kata doa untuk Palestina, penuh harapan, empati, dan menyentuh hati

Di laman Instagram-nya, deretan selebriti Tanah Air menyuarakan rasa kemanusiaan untuk Palestina dengan mengunggah 'All eyes on Rafah' di laman feed maupun stories-nya. Unggahan tersebut disertai kecaman untuk serangan Israel yang sudah kelewat batas tersebut.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (30/5), deretan seleb yang suarakan All Eyes on Rafah.


1. Acha Septriasa.

BACA JUGA :
Tuntut Israel hentikan serangan, begini momen 15 seleb ikut Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional

foto: Instagram/@septriasaacha

Mengunggah potret dataran gersang dengan sejumlah bala bantuan sebagai 'tempat' warga sipil menyandarkan hidup, Acha Septriasa melayangkan dukungan untuk Palestina. Pelantun Sampai Menutup Mata ini ikut menyerukan rasa kemanusiaan untuk saudara jauh.

2. Rizky Nazar.

foto: Instagram/@rizkynazar20

Begitupun dengan Rizky Nazar. Menolak diam, Rizky Nazar ikut mengunggah potret 'All eyes on Rafah' sebagai seruan kepada masyarakat dunia agar memusatkan perhatian maupun doa untuk warga sipil yang terdampak agresi militer Israel.

3. Novia Bachmid.

foto: Instagram/@noviabachmid

All Eyes On Rafah juga diunggah Novia Bachmid di Instagram Stories pada Selasa (28/5) kemarin. Tanpa status teks panjang lebar dan emoticon, unggahan Novia Bachmid ini jadi pengingat untuk tetap bersama Palestina.

4. Zaskia Sungkar.

foto: Instagram/@zaskiasungkar15

Beda dengan yang lain, istri Irwansyah mengunggah warna hitam dengan kalimat All eyes on Rafah di kiri atas. Menyertai unggahan pada Selasa (28/5), Zaskia Sungkar mengingatkan untuk terus menyerukan kemanusiaan untuk Palestina.

"All eyes for Rafah. Kalau postingan kita ada yang di take down, doa kita gak akan ada yang bisa hapus," tulisnya.

5. Arbani Yasiz.

foto: Instagram/@arbaniyasiz

Bintang film Ancika: Dia Yang Bersamaku 1995 ini juga bersuara soal tragedi kemanusiaan di Palestina yang makin genting dalam beberapa bulan terakhir. Arbani Yasiz mengunggah gambar yang sama, seperti rekan-rekan selebritas Tanah Air bertajuk: All Eyes for Rafah.

6. Abidzar Al-Ghifari.

foto: Instagram/@abidzar73

Tak tinggal diam melihat tragedi kemanusiaan berlangsung selama berbulan-bulan, putra almarhum Jefri Al Buchori, Abidzar Al Ghifari, juga menggemakan All Eyes on Rafah di Instagram Stories-nya pada Selasa (28/5).

7. Raffi Ahmad.

foto: Instagram/@raffinagita1717

Selebritas dengan 75,9 juta pengikut di Instagram ini mengunggah layar hitam bertuliskan "Pray for Rafah, All Eyes on Rafah". Tak hanya itu, Raffi juga mengunggah kembali rekaman-rekaman penyerangan Israel di Rafah yang terjadi baru-baru ini.

8. Atta Halilintar.

foto: Instagram/@attahalilintar

Suami dari Aurel Hermansyah, Atta Halilintar juga ikut menggemakan bentuk dukungan terhadap Palestina. Ia mengunggah gambar AI yang memperlihatkan seorang anak Palestina di antara tenda pengungsian yang terbakar di laman Instagram-nya.

9. Meisya Siregar dan Bebi Romeo.

foto: Instagram/@meisya__siregar

Pasangan suami istri, Meisya Siregar dan Bebi Romeo juga termasuk dalam deretan artis Indonesia yang menyuarakan dukungannya terhadap Palestina. Mereka mengunggah gambar anak-anak Palestina yang menjadi korban kebiadaban IDF. Gambar itu bertuliskan, "All Eyes on Rafah".

"Make it trending!!! All Eyes on Rafah! Buka lebar mata kalian...Rafah sedang tidak baik-baik saja! Manaaaa postingan kamu tentang Rafah guys??? Masih update gak??? Masih peduli??? Diam bukan solusi! Masih punya semangat berjuang???" demikian keterangan pada unggahannya.

10. Shireen Sungkar.

foto: Instagram/@shireensungkar

Istri Teuku Wisnu, Shireen Sungkar menyuarakan dukungannya kepada Palestina dengan mengunggah video adzan di Gaza setelah tragedi kekejaman IDF memborbardir Rafah. Dalam unggahannya tertulis, jika video tersebut merupakan suara adzan yang paling menyakitkan.

"The voice of Azaan in Gaza display soo much of pain & heartbreak. Yaa Rabb please make is easy for them (Suara Azaan di Gaza menampilkan begitu banyak rasa sakit dan patah hati. Yaa Rabb tolong mudahkan mereka)," terang unggahannya.

11. Zaskia Adya Mecca.

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Zaskia Adya Mecca mengunggah video kekejaman IDF terhadap anak-anak Palestina di Rafah. Unggahan di Instagram Stories-nya menampilkan seorang anak-anak yang bersedih kehilangan sanak saudaranya dan kehilangan tempat tinggal.

12. Denny Sumargo.

foto: Instagram/@sumargodenny

Mantan pebasket nasional itu mengunggah foto seruan All Eyes on Rafah agar para pengikutnya juga tetap menaruh fokus dan perhatian terhadap Palestina. Denny Sumargo mengutuk Israel yang melakukan serangan secara bertubi-tubi di jalur Gaza.

"Ini bukan perang, ini TRAGEDI, berapa banyak lagi anak yang harus mati? Berapa banyak lagi orang yang harus kehilangan rumah dan keluarganya? HENTIKAN!!! Gw post ini bukan tentang respect buat gw, ini buat menyuarakan pendapat gw tentang kegilaan yg dilakukan pemerintah Israel," ujarnya.

 

(brl/jad)

RECOMMENDED