Brilio.net - Berat badan berlebih jadi masalah banyak orang. Hal ini umumnya disebabkan karena pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik sehari-hari. Kesibukan di kantor maupun kecanduan gadget yang membuat orang balas bergerak juga menjadi salah satu hal yang bisa memicu seseorang mengalami obesitas atau masalah berat badan lainnya.

Menurunkan berat badan memanglah sebuah proses yang menantang, namun ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah prosesnya. Salah satu cara yang efektif ialah mengubah kebiasaan sebelum tidur.

BACA JUGA :
Kesehatan tubuh menurun efek peralihan musim, ini 7 cara mengobati batuk dan pilek di musim pancaroba

Para peneliti dari University of Chicago menemukan bahwa kurang tidur bisa mengganggu pembakaran lemak hingga 55%. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas tidur agar lebih baik.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine dan dikutip oleh Women's Health, para pelaku diet yang tidur 8,5 jam per malam mengalami penurunan lemak dua kali lipat dibandingkan mereka yang hanya tidur 5,5 jam. Hal ini terjadi meskipun kedua kelompok tersebut sama-sama mengurangi jumlah kalori yang sama setiap hari.


Penelitian ini menunjukkan bahwa durasi tidur yang cukup memainkan peran penting dalam proses penurunan lemak tubuh. Orang yang tidur lebih nyenyak dan berkualitas lebih efektif dalam membakar lemak serta mempertahankan massa otot, dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur.

BACA JUGA :
Sering disepelekan, ini 7 efek samping terlalu sering konsumsi makanan dari tepung

Supaya mendapat kualitas tidur yang lebih baik, kamu perlu lakukan beberapa kebiasaan sederhana sebelum tidur, berikut 11 Kebiasaan sederhana sebelum tidur ini ternyata dapat menurunkan berat badan, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/5).

1. Mandi air hangat.

foto: freepik.com

Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu kamu rileks dan meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang nyenyak membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan, seperti leptin dan ghrelin.

Leptin membantu kamu merasa kenyang, sedangkan ghrelin meningkatkan rasa lapar. Ketika kamu kurang tidur, kadar leptin menurun dan kadar ghrelin meningkat, yang dapat menyebabkan kamu makan lebih banyak dan menambah berat badan.

2. Lakukan yoga ringan.

foto: freepik.com

Sebelum tidur, lepaskan stres terkait pekerjaan agar tidur lebih nyenyak. Yoga terbukti efektif untuk merilekskan pikiran dan tubuh, sehingga membantu kamu tidur lebih berkualitas.

Sebuah studi di tahun 2009 menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas tidur. Studi lain pun menemukan bahwa yoga membantu menurunkan berat badan.

Manfaat yoga sebelum tidur yaitu merilekskan pikiran dan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, serta membantu menurunkan berat badan.

3. Minum secangkir teh.

foto: freepik.com

Melansir dari Eat This Not That, minum secangkir teh rooibos tanpa kafein di malam hari dapat membantu membakar lemak perut. Teh ini terbuat dari daun semak Aspalathus linearis yang tumbuh di Afrika Selatan.

Kandungan flavonoid dalam teh rooibos, yang disebut Aspalathin, diyakini mampu menurunkan hormon stres yang memicu rasa lapar dan penyimpanan lemak. Hal ini menjadikan rooibos salah satu pilihan minuman terbaik untuk membantu membakar lemak.

(brl/wen)

RECOMMENDED