Brilio.net - Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain. Kanker menjadi penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Meskipun gejalanya umumnya tidak muncul pada awal perkembangannya, ada beberapa faktor yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker, seperti perubahan genetik, faktor lingkungan, infeksi virus, gaya hidup, dan beberapa lainnya.

Ada beberapa jenis kanker yang menyerang tubuh manusia seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker serviks, dan masih banyak lagi. Baru-baru ini penyakit yang diderita artis ternama Tanah Air, Alice Norin yang mengaku terkena penyakit kanker sarkoma di rahim.

BACA JUGA :
Bukan cuma bikin pusing, ini 10 dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh

Beruntungnya, Alice Norin mampu melawan penyakit tersebut hingga akhirnya dinyatakan sembuh. Model dan pesinetron Putri kembar ini mengungkapkan bahwa kondisinya telah stabil. Meski begitu dia harus cek rutin 3 bulan sekali ke salah satu rumah sakit di Singapura.

Munculnya kabar ini membuat banyak orang penasaran dengan kanker sarkoma. Sebenarnya apa sih kanker sarkoma itu? Berikut ulasan lengkapnya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (17/5).


Apa itu kanker Sarkoma?

BACA JUGA :
15 Penyebab kelemahan otot dan tips untuk menjaganya, agar aktivitas berjalan lancar

kanker sarkoma
freepik.com

Kanker sarkoma adalah jenis kanker yang pertama kali muncul di jaringan lunak, seperti lemak, otot, saraf, jaringan fibrosa, pembuluh darah, atau jaringan kulit dalam. Jenis kanker ini bisa muncul pada jaringan lunak manapun, tapi paling sering di sekitar lengan, tangan, atau kaki. Selain itu, kanker ini juga bisa menyerang tulang, dan dikenal dengan istilah osteosarkoma. Terdapat lebih dari 50 jenis sarkoma, beberapa di antaranya meliputi:

- Fibrosarkoma: Kanker yang menyerang jaringan fibrosa di tubuh.
- Angiosarkoma: Kanker yang bermula di pembuluh darah atau pembuluh getah bening.
- Sarkoma Kaposi: Kanker yang pertama kali muncul pada sel-sel yang melapisi kelenjar getah bening atau pembuluh darah.
- Leiomyosarcoma: Kanker yang bermula di jaringan otot polos.
- Liposarkoma: Kanker yang menyerang jaringan lemak.
- Rhabdomyosarcoma: Kanker yang muncul pada jaringan lunak dan paling umum menyerang pada anak-anak.
- Sarkoma sinovial: Kanker pada jaringan di sekitar sendi.
- Sarkoma sel jernih: Kanker yang umumnya muncul pada tendon di tangan maupun kaki.
- Neurofibrosarcoma: Kanker terbentuk di selubung saraf tepi.

Dilansir brilio.net dari City of Hope, Ahli bedah William Tseng, MD, menjelaskan bahwa Kanker sarkoma merupakan kanker yang sangat langka. Dimana terjadi hanya 1 persen dari seluruh kanker pada orang dewasa. Penyakit ini sulit dideteksi, tidak seperti jenis kanker lainnya.

Fakta yang perlu kamu ketahui adalah, Sarkoma sama agresifnya dengan janis kanker lainnya, bahkan kanker sarkoma lebih agresif. Sarkoma memang merupakan tumor daging, tetapi sarkoma tumbuh, menyerang, menyebar dan bahkan dapat merenggut nyawa seseorang, persis seperti jenis kanker lainnya.

 

 

(brl/ola)

RECOMMENDED