Brilio.net - Mbah Sombret, wanita paruh baya asal Jawa Tengah, menunjukkan dedikasi luar biasa untuk menemani tetangganya yang hendak pergi haji. Karena tidak mendapatkan tempat di bus yang disewa oleh desanya, Mbah Sombret rela menempuh perjalanan jauh dengan ojek. Ia harus membayar Rp 600.000 untuk ongkos pulang pergi dari Pekalongan menuju Solo. Sayangnya, sesampainya di asrama haji Solo, Mbah Sombret tidak bertemu dengan tetangganya tersebut.

Kisah Mbah Sombret yang mengharukan ini pun viral di media sosial dan menyentuh hati banyak orang. Tidak sedikit yang mendoakan agar Mbah Sombret dapat segera menunaikan ibadah haji di lain waktu. Selain itu, beberapa pihak dari desa lain juga memberikan sejumlah uang kepadanya untuk menambah ongkos.

penampakan rumah mbak sombret
© TikTok/@DiiLa FadiiLa


Di balik perjuangan Mbah Sombret yang luar biasa ini, ternyata dia hanya tinggal di rumah yang sederhana. Terlihat rumahnya berada di tengah-tengah kebun. Bangunannnya sudah tampak tua dan hanya berbindingkan dari kayu.

Bagian depan rumah terlihat ada spanduk dan beberapa sampah yang berserakan. Sementara bagian belakang ditutupi dengan berbagai terpal lusuh. Mbah Sombret tinggal di Desa Kulu, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

penampakan rumah mbak sombret
© TikTok/@a_pur_wanto

Kondisi bagian dalam rumah Mbah Sombret lebih memprihatinkan. Banyak barang yang tidak tersusun secara teratur. Karena itu, setelah viral banyak orang yang prihatin dan memberi bantuan kepadanya. Penampakan rumah Mbah Sombret diunggah lewat video TikTok @a_pur_wanto, pada Selasa (28/5).

"Alhamdulillah dikarenakan banyak orang-orang baik yang kirim pesan mau membantu Mak Sombret," terang pemilik akun dikutip brilio.net dari TikTok @a_pur_wanto, Rabu (29/5).

penampakan rumah mbak sombret
© TikTok/@a_pur_wanto

Bersama dengan kelurahan setempat, kini Mak Sombret membuat sebuah buku rekening atas nama pribadi. Diketahui, wanita paruh baya ini memiliki nama asli Rati. Hal ini akan memudahkan bagi masyarakat untuk memberikan bantuan kepadanya karena tidak perlu lagi melewati perantara.

Begitu banyak doa dan bantuan yang diterima, yang awalnya hanya ingin mengantarkan tetangga naik haji kini ia punya kesempatan untuk turut berangkat ke Makkah. Diketahui, seorang wanita bernama Vita akan memberangkatkan Mbah Sombret pergi umroh.

"Alhamdulillah sudah ada kak, Kak Vita yang akan mengumrohkan beliau," tulis pembuat video.

penampakan rumah mbak sombret
© TikTok/@a_pur_wanto

Kisahnya ini menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Tak henti-hentinya ingin memberikan doa maupun bantuan kepada Mbah Sombret. Warganet juga mengatakan dengan kondisi yang demikian, uang Rp 600 sungguh bukan nominal yang sedikit.

Hingga artikel ini dimuat, postingan akun @a_pur_wanto sudah menghimpun 967,400 penonton. Selain itu terdapat juga 80,200 akun yang memberi like dan 4,024 komentar.

penampakan rumah mbak sombret
© TikTok/@a_pur_wanto

"Kalau beliau ngeluarin uang 600 ribu berbarti uang yang sangat banyak kalau dilihat kondisi beliau," kata akun @namasaya.

"Kalau berangkat (umroh) harusnya diantar ribuan pengantar sih ini harusnya," tulis akun @mantankoki.

"Auto tetangganya pasti langsung baik seperti malaikat semua," kata @fanybhadrol.

"Dia sangat tulus mengeluarkan uang pribadinya mengantar tetangganya naik haji. Siapa sih yang pertama memviralkan," martinabimanyu.

"Harusnya dapat bantuan bedah rumah," komentar akun @azkaputra.

 

(brl/red)