Brilio
Discover the best food

Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho

Unik

Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho

Dijajah Belanda selama ratusan tahun tentu pengaruh dalam kuliner masuk ke Indonesia.

Home » Unik

05 Maret 2018 16:39, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Indonesia memang sudah terkenal dengan beragam kuliner yang bisa memanjakan lidah setiap orang, termasuk wisatawan asing. Hal ini terbukti dengan masuknya beberapa kuliner khas Indonesia dalam deretan makanan terlezat di dunia.

Meski cita rasa masakan Indonesia lebih banyak yang menggunakan bumbu dan rempah-rempah, nyatanya kini beberapa makanan khas Indonesia sudah dapat dinikmati di beberapa negara di berbagai negara. Mulai dari benua Amerika, Australia, hingga Eropa.

Namun demikian, sejarah Indonesia yang pernah menjadi negara jajahan Belanda selama ratusan tahun mempengaruhi sebagian aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali aspek kuliner. Beberapa kuliner Indonesia ini ternyata awalnya merupakan resep warisan dari Belanda.

Apa saja makanan Indonesia yang berasal dari resep Negeri Oranye tersebut? Yuk simak infromasinya di bawah ini seperti dilansir brilio.net dari travelingyuk.com, Senin (5/3).

1. Lapis Legit.

4 kuliner Indonesia © 2018 Istimewa

foto: sipendik.com/ohmydish.com

Kue yang terdiri dari lapisan-lapisan kue ini kerap ditemukan dalam berbagai momen dan digemari banyak orang. Kue yang memiliki rasa manis ini ternyata terinspirasi dari resep cake Belanda yang bernama spekkoek. Nah spekkoek sendiri merupakan jenis kue berlapis yang dibuat dari campuran telur, tepung dan gula. Kemudian diperkaya dengan aneka rempah seperti cengkeh, kayu manis, adas dan kapulaga.

 

2. Perkedel.

4 kuliner Indonesia © 2018 Istimewa

foto: bolakeluarga.com/dieplicious.com

Makanan pelengkap sop dan soto ini memang merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Tapi tahukah kamu bahwa makanan ini ternyata berasal dari resep masakan Belanda yang memiliki nama asli frikadeller. Sama seperti di Indonesia, di negeri asalnya frikadeller juga mempunyai bentuk bulat dan agak pipih. Perbedaannya terdapat pada penggunaan bahan baku. Jika perkedel terdiri dari campuran kentang tumbuk dan daging giling, frikadeller hanya terbuat dari daging saja. Selain di Belanda, frikadeller juga terkenal di beberapa negara Eropa, seperti Jerman dan Swedia.

 

3. Semur.

4 kuliner Indonesia © 2018 Istimewa

foto: resepumi.com dan Twitter/@Vegebutcher

Kuliner yang berupa makanan berkuah yang berisi potongan daging sapi ini dikenal karena cita rasa manis yang berasal dari kecap. Meski begitu akrab dilidah Indonesia, nyatanya kuliner yang satu ini juga merupakan salah satu resep masakan Belanda yang bernama asli smoor. Resep kuliner ini ditemukan dalam sebuah buku resep tertua di Hindia Belanda yang bernama Groot Nieuw Oost-Indisch Volledig Kookboek.

 

4. Kue Cubit.

4 kuliner Indonesia © 2018 Istimewa

foto: pergikuliner.com dan ohmydish.com

Siapa sih nggak kenal sama kuliner manis yang satu ini? Jajanan ini namanya kembali populer beberapa waktu terakhir. Namun siapa yang menyangka jika ternyata kue cubit berasal dari resep kue Belanda bernama poffertjes. Di Belanda, panganan manis ini terbuat dari tepung terigu, susu, telur dan mentega yang kemudian dicetak dalam loyang berbentuk bulat. Poffertjes biasa dihidangkan dnehan taburan gula putih bubuk dan disantap sebagai makanan pendamping teh atau kopi.

RECOMMENDED

(brl/del)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    29%

  • Ngakak!

    3%

  • Wow!

    53%

  • Sedih

    12%

  • Marah

    3%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Tak disangka, 4 kuliner Indonesia ini berasal dari resep Belanda lho.
Dijajah Belanda selama ratusan tahun tentu pengaruh dalam kuliner masuk ke Indonesia.
https://brilicious.brilio.net/unik/tak-disangka-4-kuliner-indonesia-ini-berasal-dari-resep-belanda-lho-180305m.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP