Discover the best food

Hits

5 Makanan khas Korea Selatan ini cocok buat kamu yang doyan pedas

Kamu udah pernah ngicipin yang mana nih?

Home » Hits

06 Oktober 2017 22:04, Andry Trysandy Mahany

Brilio.net - Mendengar kata Korea Selatan, yang pertama kali diingat mungkin adalah serial drama yang sanggup membuat para wanita baper seharian. Namun tak cuma itu, Negeri Gingseng ini rupanya juga punya beragam kuliner yang sanggup membakar lidah.

Tak jauh beda dengan masyarakat Indonesia, orang Korea ternyata juga doyan sama makanan pedas. Makanan pedas di Korea punya cita rasa yang khas.

Pasalnya, kebanyakan masakan Korea yang memiliki cita rasa pedas memakai bumbu dasar bernama gochujang. Gochujang adalah cabai yang berbentuk pasta. Bahan utamanya adalah beras ketan dan bubuk cabai yang kemudian difermentasi.

Nah, melansir dari laman CNN Travel, Jumat (6/10), berikut 5 makanan super pedas khas Korea Selatan yang dijamin bikin lidah kamu 'kebakar'.

1. Dalkbal.

foto: goabroad.com

Siapa sangka, sama halnya seperti orang Indonesia, orang Korea rupanya juga doyan makan ceker. Masakan ceker di Korea biasa disebut Maeundakbal atau Dalkbal.

Kuliner ini merupakan ceker yang dibumbui dengan bumbu gochujang merah super pedas. Jikaorang Indonesia biasa menjadikan ceker ayam sebagai lauk, namun orang Korea hanya memakan dalkbal sebagai camilan.

 

2. Jjambbong.

foto: thespruce.com

Jjambbong merupakan olahan mi yang dicampur dengan berbagai macam seafood, daging, dan sayuran di dalam kuah kaldu yang sangat pedas. Kata Jjambbong sendiri berasal dari kata Jepang untuk "mix" atau campuran.

Kuah kaldu dari Jjambbong dibuat menggunakan bubuk cabai dari korea, Vietnam, dan India. Banyak orang menyarankan, jika ingin menikmati Jjambbong adalah dengan memakan minya terlebih dahulu.

Pasalnya, jika kamu mencicipi kaldunya terlebih dahulu, bisa dipastikan lidahmu akan langsung terbakar saking pedasnya.

 

3. Ddeokbokki

foto: korean.kitchen

Ddeokbokki merupakan kue beras dengan campuran ikan lembut yang dimasak berbarengan dengan saus cabai. CNN Travel menyebut, makanan ini merupakan salah satu makanan ringan yang paling disukai di Korea.

Jika kamu mengunjungi Korea Selatan, kamu bisa menemukan Ddeokbokki dengan mudah di pinggir jalan. Para penikmat Ddeokbokki juga bisa meminta tambahan seperti telur rebus, pangsit goreng, atau hot dog.

 

4. Lee Kang-sun Silbijip nakji bokkeum.

foto: cnn.com

Namanya mungkin terlihat sangat sulit untuk diucapkan, namun makanan ini dikenal sebagai makanan lezat yang ada di Korea Selatan. Nakji bokkeum merupakan olahan gurita yang disiram dengan saus lada merah.

Orang Korea biasa memakannya bersamaan dengan nasi, kacang polong, dan minyak wijen yang dipercaya dapat membantu meringankan rasa pedas di mulut.

 

5. Maeundae galbijjim.

foto: cnn.com

Maeundae galbijjim merupakan hidangan klasik Korea yang terdiri dari iga sapi super pedas. Orang Korea menganggap maeundae galbijjim merupakan makanan terpedas saat ini.

Satu gigitan dari maeundae galbijjim saja dapat meninggalkan rasa pedas yang luar biasa di lidahmu! Untungnya, tempat makan di Korea yang menyediakan makanan ini biasanya akan menyajikan telur rebus yang dipercaya dapat meredakan rasa pedas di lidah.

RECOMMENDED

(brl/del)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP