Discover the best food

Masak Yuk

Yuk coba bikin ayam goreng Bonchon khas Korea yang legit abis

Penggemar masakan Korea wajib tahu nih.

Home » Masak Yuk

06 Oktober 2017 08:35, Firda Olivia

Brilio.net - Bosan dengan menu ayam yang begitu-begitu saja? Nah nggak ada salahnya nih buat bereksplorasi dengan bikin ayam goreng Korea, Chicken Bonchon. Bonchon sendiri merupakan salah satu restoran di Korea Selatan yang kini sudah membuka cabangnya di beberapa kota besar di Indonesia. Restoran ini terkenal dengan menu ayam goreng khasnya.

Dalam bahasa Korea, Bonchon berarti 'old village'. Sehingga mereka mengambil konsep dapur tradisional Korea. Salah satunya pencucian ayam yang dilakukan manual dengan tangan. Jadi dijamin bebas bulu halus dan kotoran lemak di bawah kulit ayam. Menu ayam goreng tepung yang dibalur dengan saus yang dibuat dengan resep turun temurun dari keluarga yang pendirinya ini memiliki rasa khas korea tapi masih dapat diterima oleh lidah kita.

Nah daripada kamu bosen di rumah dengan menu ayam yang itu-itu aja, yuk cobain resep bikin ayam bonchon khas Negeri Ginseng, seperti dilansir dari norecipes.com, Kamis (5/10) di bawah ini.

Resep:
900 g sayap ayam, potong menjadi dua bagian
1/2 sdt garam
4 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras (opsional)
1 sdm tepung maizena
1 sdt baking soda
3 siung bawang putih
1 sdm gochujang Korea
2 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
4 sdm saus sambal
2 sdm madu
1 sdt cuka masak/ air jeruk nipis
Wijen secukupnya (opsional)
Merica bubuk secukupnya
Gula pasir secukupnya


Cara membuat:

1. Pertama-tama, cuci bersih ayam yang sudah dipotong menjadi dua dan tiriskan. Laburi ayam dengan garam, merica bubuk dan tepung maizena. Aduk merata dan biarkan di kulkas selama 30 menit.

foto: norecipes.com

 

2. Selagi menunggu, di wadah terpisah campurkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, baking soda, garam, merica. Aduk secara merata.

 

3. Masukkan ayam ke dalam campuran tepung. Remas-remas hingga menutupi ayam. Biarkan kering karena ayam tepung harus kering. Apabila masih basah seperti adonan, tambahkan terigu.

 

4. Panaskan minyak di api sedang, kemudian masukkan ayam dengan api kecil sedang agar bisa matang merata. Jika sudah kuning kecoklatan angkat dan tiriskan.

foto: norecipes.com

 

5. Setelah ayam sudah tiris, goreng lagi ayam tersebut di api sedang hingga warna coklat keemasan ayam keluar dan terasa crunchy.

foto: norecipes.com

 

6. Untuk saus karamel, tumis bawang putih hingga harum, saus tomat, saus tiram, saus sambal, madu merica bubuk, gula dan garam sedikit saja, dan gochujang. Aduk merata. Terakhir tambahkan cuka atau air jeruk nipis.

 

7. Setelah dirasa matang, masukkan ayam yang sudah digoreng dua kali ke dalam saus. Aduk hingga merata dan angkat. Taburi dengan wijen.

foto: norecipes.com

 

8. Ayam Bonchon siap disantap selagi hangat!

foto: maangchi.com

RECOMMENDED

(brl/del)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP