Alih-alih cuma dibagian mata kiri, gejalanya juga menyentuh area leher. Bahkan ia merasakan ada rasa mata sebelah kanan akan ikut terdampak. Pada kondisi ini ia sudah begitu khawatir.

"Bibir dan bawah hidung juga kena dong, sama tanda-tanda mata yang sebelah kanan bakalan kena," ujarnya.

BACA JUGA :
Mahasiswi ini rayakan momen wisuda tanpa dihadiri orang tua, ternyata ada cerita nyesek dibaliknya

foto: TikTok/@piscesgirlbungsu_


Kondisi membuatnya tidak percaya diri jika keluar rumah. Apalagi area wajah langsung dilihat oleh orang-orang. Akibatnya, ia memilih menggunakan kacamata hitam untuk kerja ataupun pergi keluar.

BACA JUGA :
Sakit sendirian di tanah rantau, pria dirawat ibu nggak dikenal saat opname ini momennya bikin haru

Langkah yang diambil wanita ini tentu adalah berobat. Sudah 3 kali ia melakukan pengobatan. Syukurnya yang terakhir baru membuahkan hasil. Perlahan penyakit yang disebabkan oleh tomcat itu jadi mengering. Selama 1 bulan waktu yang digunakan untuk melakukan pengobatan ini.

"Untung ada doi yang selalu support sama minta pap terus buat tau kondisi aku," katanya.

foto: TikTok/@piscesgirlbungsu_

Tomcat adalah serangga yang tergolong dalam famili kumbang rove (Staphylinidae) dan dikenal sebagai serangga beracun. Meskipun memiliki ukuran kecil hanya sekitar 1 CM, namun karakteristiknya sangat mencolok. Kepalanya berwarna hitam, sementara dada atau toraksnya berwarna orange kemerahan.

Yang membuat tomcat begitu dikenal adalah racun yang terdapat dalam cairan tubuhnya. Kontak dengan cairan tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit yang parah. Oleh karena itu, meskipun tampak kecil dan tidak mencolok, tomcat adalah serangga yang perlu diwaspadai karena potensi bahayanya.

Jika terkena maka upaya pertama yang bisa dilakukan adalah bersihkan area tubuh yang luka. Setelah itu kompres dengan air dingin untuk mengurangi rasa sakit. Jika makin parah ada baiknya pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

foto: TikTok/@piscesgirlbungsu_

Video ini pun menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak ternyata yang pernah mengalami hal serupa. Ternyata meski dari Australia, hewan ini juga berkeliaran di Indonesia.

"Ingat banget dulu tahun 2016 bangun tidur tau-tau kulit tangan leher pipi udah pada melepuh ternyata kena hewan tomcat," tulis akun @mayaangraini877

"Aku juga baru sembuh dari gigitan tomcat ka. Kena di muka juga," ujar aku @deaawid

"Kalau kena tomcat jadi herpes. Anakku gitu juga," kata akun @aninkcui_88

"Dari baru aja ada tomcat di lengan tangan. Reflek tepuk kirain apa. Enggak sampe mati sih cuma semoga nggak papa," komentar akun @sufaei.

foto: TikTok/@piscesgirlbungsu_

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @piscesgirlbungsu_ sudah menghimpun 4,5 juta penonton. Selain itu terdapat juga 80,500 akun yang memberi like dan 4,092 komentar.

 

(brl/far)