Brilio.net - Momen kurban selalu tak terlepas dari hal-hal unik yang menjadi bagian dari tradisinya. Prosesi saat menyembelihnya kerap diwarnai dengan cerita lucu seperti hewan yang tiba-tiba lepas, sampai ke hal yang nggak masuk akal sekalipun.

Hal itu juga dirasakan oleh masyarakat Kota Pekanbaru. Di tengah khidmatnya mengeksekusi hewan kurban, warga malah dibuat terkejut ketika menemukan bayi sapi. Momen tersebut terekam dan diunggah melalui Instagram @memomedsos_official, Rabu (19/6).

BACA JUGA :
Viral jeroan sapi kurban dibuang di kali bikin warganet salah kaprah, begini penjelasannya

Diketahui, warga Pekanbaru tersebut menemukan dua janin dari sapi kurban Idul Adha. Anehnya, menurut pengakuan panitia kurban, bayi ini berasal dari Sapi Jantan. Insiden tersebut terjadi di Masjid At-Taubah, Perumahan Athaya I, Kelurahan Bina Widya, Kecamatan Bina Widya, Kota Pekanbaru pada Senin (17/6/2024).


janin di sapi jantan
© 2024 Instagram/@memomedsos_official

BACA JUGA :
Penampakan potongan daging berdenyut-denyut bikin yang nonton merinding, ini faktanya

"Ditemukan bahwasanya sapi kurban di Masjid At-Taubah ditemukan dua ekor anak sapi, laki-laki satu betina satu," ujar panitia tersebut dikutip brilio.net dari akun @memomedsos_official pada Rabu (19/6).

Setelah menyembelih sapi, hewan akan dikuliti dan dipotong menjadi bagian-bagian kecil agar bisa dibagi-bagikan. Namun, tiba-tiba saja seorang panitia bernama Hilmi terkejut. Ia melihat ada dua janin sapi di dalam sapi dewasa.

Panitia dengan keukeuh mengatakan bahwa sudah memastikan sapi yang dibelah perutnya merupakan sapi jantan. Kepastian ini juga diperoleh dari momen sebelum pemotongan. Di mana, lima ekor yang disembelih di masjid itu telah dilihat jenis kelaminnya.

foto: Instagram/@memomedsos_official

Ustadz Zulkifli selaku imam Masjid At-Taubah dan juga yang bertugas menyembelih hewan tersebut mengatakan bahwa, sebelum memotongnya dia mengetahui sapi itu berjenis kelamin jantan. Ia mengaku heran dan tidak percaya atas kejadian tersebut.

"Karena saya yang menyembelih dan dapat dipastikan juga oleh panitia lain. Lima ekor sapi yang kami kurbankan semuanya sapi jantan," kata Zulkifli.

Menurut Zulkifli ia setiap tahun sudah melaksanakn kurban di daerah tersebut bersama warga lainnya. Tidak pernah ada keanehan seperti yang terjadi pada momen kurban saat ini. Bahkan dalam video disebutkan bahwa ini merupakan salah satu bentuk kuasa Tuhan.

Namun, berita penemuan dua janin dalam perut sapi jantan ini langsung menuai pro kontra dari netizen. Banyak yang mengatakan bahwa hewan yang bisa hamil sudah pasti merupakan sapi betina. Bagi mereka tidak selayaknya hal semacam ini dikait-kaitkan dengan narasi gaib.

foto: Instagram/@memomedsos_official

"Anak SD pun tau kalau yg bisa melahirkan tuh Betina. Hadeuh sampai-sampai buat alesan ini kejadian aneh trus dikaitkan dengan hal ghaib," kata akun @dimas_riza.a

"Yang jual hewan kurbannya kok tega ya berboHong demi Cuan?! Kalau si pembeLi kan bisa aja emang dia ga tau hanya meLihat bobotnya besar dgn Harga yg Murah," tulis akun @vinnydavinci25

"Jantan ataupun betina sama sama boleh dijadikan kurban.... Tapi kenapa kok tdk tau ada betina yg sedang hamil," ujar akun @echasmooty

"Hanya sapi betina yg punya rahim, tapi kemarin dihitung torpedonya sesuai dgn jumlah sapi apa gak bingung panitia saja kaget setelah dapat laporan, mungkin ada orng iseng bawa janin sapi terus di ramein biar dikira dr sapi qurban jg gk tw," komentar akun @fatma.ernii.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MEMOMEDSOS_OFFICIAL (@memomedsos_official)

(brl/red)

RECOMMENDED