Brilio.net - Di sekolah, kegiatan menabung biasanya diajarkan sebagai bagian dari pendidikan karakter dan keuangan. Melalui program menabung, siswa diajarkan pentingnya mengelola uang sejak dini. Biasanya siswa akan diberikan buku tabungan berwarna pink atau hijau, fungsinya untuk mencatat uang yang disetor kepada guru.

Hal itu juga yang dilakukan oleh anak PAUD ini. Punya kebiasaan rajin menabung, siapa sangka gadis kecil ini sudah mengumpulkan uang tabungan dengan jumlah fantastis. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @ersaernasari.

BACA JUGA :
7 Cara mengatur uang bagi freelancer, tetap bisa hidup nyaman dan punya tabungan

Brilio.net menyadur dari TikTok @ersaernasari, Kamis (13/6), terlihat seorang murid perempuan dengan senyumnya yang merekah sambil menunjukkan isi buku tabungannya. Dalam catatan tersebut, tampak anak TK bernama Alviana sudah mengumpulkan uang hingga puluhan juta alias dua digit.


foto: TikTok/@ersaernasari

BACA JUGA :
Cara nabung Rp 125 juta kurang dari setahun cuma pakai celengan, modalnya konsisten

Terlihat, hasil tabungan anak tersebut mencapai angka Rp30 juta. Alviana rutin menabung dengan menyetor rata-rata Rp100 ribu per hari. Tak cuma buku, sang guru juga sekalian menyerahkan hasil tabungan tersebut dalam amplop cokelat. Di dalamnya berisi 3 gepok uang pecahan Rp100 ribu, dengan masing-masing berjumlah Rp10 juta.

Hal ini tentu menuai sorotan. Bagaimana mungkin, anak PAUD yang bahkan masih di bawah 5 tahun bisa menabung sebanyak itu. Walau tidak dijelaskan siapa yang menabung, namun warganet curiga kalau orang tuanya lah yang aktif menabung, sehingga totalnya bisa sampai Rp30 juta.

Pendapat warganet itu juga dibenarkan oleh si pengunggah video, dalam kolom komentar postingan.

"Ini mah bukan anak paud yang nabung tapi maknya," kata akun @ovita596

"Bapaknya yang ngasih uang, ibunya yang nyuruh nabung, anaknya yang nyimpan," jawab guru tersebut.

foto: TikTok/@ersaernasari

Diketahui, sekolah tersebut menerapkan pemotongan sebesar 1% untuk masing-masing anak. Hal ini karena sang guru mempunyai tanggung jawab besar untuk menjaga uang tersebut. Bahkan, tabungan murid-murid juga dimasukan ke rekening.

Jadi jika tabungan milik anak tersebut sebesar Rp30 juta berarti yang diterimanya bersih adalah Rp29.700.000. Rp 300 ribunya dipotong sebagai biaya admin.

Kisah ini pun menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang tidak menyangka dengan hasil tabungan tersebut. Beramai-ramai mereka meninggalkan tanggapan di kolom komentar.

foto: TikTok/@ersaernasari

"Gimana gak,itu dia nabung nya 100/200rb sehari sedangkan kita 5000/10.000," kata akun @muena_t@fantastis

"Itu bukan tabungan anak sekolah apalagi sekelas paut (PAUD)... tabungan ibu tanpa sepengetahuan ayah.. paud nabung cuma 5k sampe 10k," tulis akun @alif

"harusnya menabung anak sekolah itu uang sisa jajan biar bisa mandiri kalau gitu mah orang orang tua yg nabung bukan anaknya," ujar @shiro

"berarti dulu harus nya aku nabung dari paud yaa mungkin sekarang ga ngeluh ga punya uang," komentar @kehipanpalsu.

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @ersaernasari sudah menghimpun 5 juta penonton. Selain itu terdapat juga 161,000 akun yang memberi like dan 7,654 komentar.

(brl/red)

RECOMMENDED