Brilio.net - Sudah seyogyanya pengabdian seseorang mendapatkan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, termasuk bagi guru honorer. Profesi mulia ini perlu mendapatkan perhatian lebih dalam hal kesejahteraan.

Namun nyatanya, butuh penantian yang tidak sebentar bagi seorang guru honorer untuk bisa diangkat menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS). Hal ini juga dialami oleh wanita yang kisahnya diunggah pada akun TikTok @pk_guru_kxgitu dan tengah viral baru-baru ini.

BACA JUGA :
40 Pantun untuk guru menghibur, penuh makna mendalam dan pesan moral

Dilansir brilio.net dari akun TikTok @pk_guru_kxgitu, Selasa (18/6), pemilik akun ini mengisahkan perjuangan ibunya yang telah bekerja sebagai guru honorer selama 20 tahun. Berkat kesabaran dan dedikasi yang tinggi, sang ibu akhirnya berhasil diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) alias PNS.


foto: TikTok/@pk_guru_kxgitu

BACA JUGA :
50 Pantun pendidikan tentang guru, menginspirasi dan penuh makna

Ceritanya dimulai dengan memperlihatkan foto ibunya yang bernama Nurhayati. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ibunya bekerja sebagai guru honorer di salah satu sekolah dasar selama 20 tahun.

"20 tahun honor menjadi guru kelas di sekolah dasar," tulis si pemilik akun dalam keterangan foto.

foto: TikTok/@pk_guru_kxgitu

Kendati demikian, ibunya tetap ikhlas menjalani pekerjaannya. Ia tetap semangat dan bersyukur dengan pekerjaannya itu.

"Dijalani dengan ikhlas dan penuh semangat dalam mendidik siswa" ucapnya.

Meski bertahun-tahun hanya menjadi guru honorer, ia dan ayahnya tidak mempermasalahkan kondisi itu. Mereka selalu bersama dalam suka maupun duka.

foto: TikTok/@pk_guru_kxgitu

Meski hanya berstatus sebagai guru honorer di SD, pria ini mengatakan bahwa ibunya mendedikasikan pekerjaannya dengan luar biasa, meskipun usianya sudah tidak muda lagi.

Hebatnya, hanya dengan pendapatan sebagai guru honorer, sang ibu berhasil membiayai anaknya lulus pendidikan S1. Bahkan, pemilik akun ini begitu bahagia karena kedua orang tuanya bisa membawanya berhasil menempuh perkuliahan S2.

Setelah lulus, pria tersebut memutuskan untuk mengajar di sebuah SD, mirip dengan pekerjaan ibunya. Ia pun membagikan momen ketika dirinya menjadi guru di SD tersebut.

foto: TikTok/@pk_guru_kxgitu

Perjuangan panjang dan dedikasi tinggi dari ibunya akhirnya berbuah manis. Pada 2024, pria ini mengatakan bahwa sang ibu berhasil menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Perjuangan sang ibu membuat anaknya merasa haru. Menariknya, ternyata sang ibu dilantik bersama anaknya yang juga berhasil menjadi P3K.

foto: TikTok/@pk_guru_kxgitu

Di akhir kisahnya, pria ini menjelaskan bahwa sosok ayahnya juga memainkan peran penting dalam perjuangan mereka. Ia mengungkapkan rasa syukurnya atas segala yang telah dilalui.

"Ayah, orang dibalik layar yang menjadi garda terdepan. Selalu ada setiap kami butuhkan. Terimakasih ya Allah telah mengirimkan orang tua terbaik," tulisnya dalam keterangan slide yang dibagikan.

Tak lama, kisah yang dibagikan di TikTok itu sudah ditonton jutaan pengguna akun. Postingan tersebut dibanjiri beragam komentar warganet yang salut sekaligus haru terhadap perjuangan sang ibu.

Beberapa warganet juga ikut curhat di kolom komentar lantaran orang tuanya punya cerita perjuangan yang serupa tapi hingga kini belum diangkat menjadi P3K.

"Salut banget sama ibunya. Terharu banget sih pas lihat foto pelantikannya," tulis akun @t.widya1013.

"Mamaku udah 17 tahun belum diangkat. Suka nangis kalo liat semua temannya, bingung harus gimana sampe mama udah kepikiran berhenti jadi guru," tulis akun @panggilnyaayaaaa.

"Sama! Ibuku guru honorer belasan tahun ternyata rezekinya diangkat bareng anaknya di 2022. ibu PPPK & Aku PNS. Alhamdulillah MasyaAllah ," timpal akun @alfiardu ikutan curhat.

"Ceritamu menceritakan perjuangan yg tidak sia2,, saat ini istriku juga sedang berjuang untuk menjadi p3k,, semoga kita selalu dilimpahkan rezeki dan kesabaran.. amin," kata akun @ferryfam5.

 

(brl/jad)

RECOMMENDED