Sejalan dengan pemanfaatan sisa lahan di samping rumah, berikut ini ada video TikTok yang memperlihatkan transformasi lahan tak terpakai menjadi dapur dan tempat laundry yang cantik dan sedap dipandang. Brilio.net melansir dari akun TikTok @heztie_ntie pada Rabu (12/7), wanita bernama Hesti membagikan hasilnya kepada warganet.

BACA JUGA :
Ruangan kosong lebar satu meter di makeover jadi area laundry dan setrika, meski sempit tapi nyaman

foto: TikTok/@heztie_ntie

"Renovasi 4th lalu Dapur mungil n ruang cuci jemur sederhana di lahan segaris sauprit #idedapur #inspirasidapur #renovasi #dapur," tulis Hesti di kolom takarir.


Sebelum direnovasi, sisa lahan di samping rumah tersebut dijadikan tempat membakar sampah oleh pemiliknya. Hal itu bisa dilihat dari cuplikan video sebelum samping rumah direnovasi. Ada sisa sampah seperti habis dibakar di dekat tembok.

BACA JUGA :
Laundry pakaian 772 kilogram, nominal tagihannya bikin kaget

Tak hanya itu, di bagian ujung, tidak ada sekat yang menghalangi rumah dengan kebun di belakang. Kamu akan melihat ada hamparan sawah tepat di belakang rumah. Sisa lahan itu memiliki dimensi lebar tanah 2,5 meter dengan panjang 7 meter. Bentuk lahannya menyempit, yang artinya semakin ke dalam semakin lebar.

foto: TikTok/@heztie_ntie

Dengan dana seadanya, pemilik rumah akhirnya memutuskan menyulap kelebihan tanah itu menjadi dapur dan tempat laundry. Proses pengerjaan dimulai dengan membangun tembok dari bata ringan. Bagian depan di pasang kusen pintu supaya bisa diakses dari depan. Proses renovasi di mulai dari Oktober 2019.

Renovasi ini berjalan selama 2 tahun dan selesai pada Januari 2020. Tembok diplester dan dicat dengan warna dasar putih supaya terkesan lebar. Untuk kitchen table dibuat sendiri menggunakan material semen, pasir, serta di-cover menggunakan keramik.

foto: TikTok/@heztie_ntie

Seperti inilah hasil renovasi sisa lahan samping rumah menjadi lebih glow up. Lahan yang dulunya tempat bakar sampah dan dipenuhi rumput liar itu, kini berubah menjadi dapur bernuansa tropis. Area dapurnya dibuat semi terbuka dengan menggunakan atap bening. Biar nggak terlalu pengap, terdapat ventilasi dekat dapur agar udara bisa keluar dan masuk dengan mudah.

Dapur sekaligus tempat laundry ini tampak sejuk berkat tanaman hijau yang menghiasi sisi dinding yang kosong. Nah, untuk membatasi antara dapur dan laundry room, Hesti memakai partisi dari kayu yang dihiasi dedaunan. Kalau kamu jeli, di samping mesin cuci terdapat area yang lebih rendah dari lantai dapur. Fungsinya supaya ketika membilas, dapur nggak becek karena cipratan air.

foto: TikTok/@heztie_ntie

Video yang diunggah pada Rabu (31/5) itu rupanya banyak disukai oleh warga TikTok. Beragam respons ditinggalkan oleh warganet di kolom komentar. Banyak yang memuji hasil renovasi sisa lahan yang menghabiskan dana sekitar Rp 25 jutaan itu.

"rumah cantik ini mah," puji RatnaRusminar.

"cakep kak," tulis Yasmin Bakarman.

"aku trauma tinggal dirumah yg ruang jemur nya deket dapur. pke fiber bgni. krn takut petir dl pas masak sahur trun hujan lbt +petir yg menggela," timpal Darisah.

"keren ini mah," imbuh akhmadalvino6.

"apa gk panas outdoor AC didapur gitu klo masak," komentar desritaagung.

(brl/far)