Video ini pun jadi viral dan mendapat respons. Salah satunya adalah tutorial bagaimana membuat sebuah alat pemanas air manual. Si pemilik akun pun mengunggah video selanjutnya dan memberikan petunjuk cara membuatnya.

Pertama, ia menyiapkan sebuah toples persegi bekas lengkap dengan tutupnya. di bagian atas, tutup toples tersebut diberi dua lubang secara horizontal. Setelah itu, pemilik video menyiapkan dua buah sendok, dan juga dua kabel plus-minus yang sudah terpasang colokan.

BACA JUGA :
Rumah jadul ini dirombak jadi hunian modern dengan fasad unik, intip 12 potretnya yang berubah drastis

Dua sendok tersebut dipasang pada masing-masing ujung kabel. Lalu tuangkan air bersih secukupnya ke dalam toples, dua sendok yang sudah tersambung di kabel tadi di celupkan pada air dengan dimasukkan dari lubang tutup toples tersebut.


foto: TikTok/@zelachaver

BACA JUGA :
Rumah antisombong dari luar tampak biasa, 7 potret dalamnya ternyata bak hunian saudagar kaya

Setelah itu, barulah tahap akhir dengan mencolokan kabel ke terminal listrik. Pada momen selanjutnya kamu diperlihatkan arus listrik yang mengalir ke dua buah sendok, rupanya menghasilkan tenaga panas sehingga, air perlahan jadi matang dan menguap.

Video tutorial memasak air ala pesantren ini pun jadi ramai dan telah ditonton 3 juta kali. Beberapa warganet pun ada yang merespon dengan berbagai komentar. Salah satunya dengan menyebut cara tersebut kreatif namun terkesan ngeri.

"Kreatif sih. Tapi ngeri bang. Selain alatnya nggak aman, airnya juga bisa jadi kurang sehat," tulis pemilik akun @dek_kris19.

"Gua pernah nyoba bang, malah mati listrik satu pondok," kata akun @anjayy_76.

"Kalo airnya emang lebih sehat tapi hasil udaranya bisa bikin pusing. Tapi di video ini keren udaranya diubah jadi embun jadi komposisi airnya tetap," kata pemilik akun @hwwux.

"Saya kuli bangunan bang, sering masak air pake itu bang, semangat bang," kata akun @aanlasmi.

 

(brl/pep)