Step pertama cabut bagian tengah pulsator untuk membersihkan bagian dalamnya. Jika perlu kamu bisa membuka seluruh pulsator menggunakan obeng untuk membersihkan sampai ke bagian bawah mesin.

BACA JUGA :
Tak perlu dikancingkan, trik mudah menyetrika kemeja ini auto bikin rapi dan nggak pakai ribet

foto: TikTok/@myversionofzen

Selanjutnya, campurkan cuka putih dan sabun cuci piring ke dalam mangkok. Gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat bagian kerak di tuas di mulut mesin, maupun sela-sela mesin yang terdapat kerak. Jangan lupa area tutup dan bagian luar disikat menggunakan campuran cuka dan sabun tadi.


Setelah bagian luar disikat, berikutnya cuci semua bagian dalam tabung melewati bagian tengah pulsator. Kamu bisa membersihkannya menggunakan spons agar lebih cepat.

BACA JUGA :
Nggak makan banyak tempat, trik mudah bikin jemuran untuk rumah sempit hanya pakai 1 alat tukang

foto: TikTok/@myversionofzen

Bagi kerak yang membandel bisa diatas dengan mengompres menggunakan kapas yang sudah direndam air cuka. Diamkan selama beberapa saat baru dibilas dan diseka menggunakan lap kering.

Belum berhenti sampai di sana, biar hasilnya bersih total, hidupkan mesin menggunakan mode pencucian tabung. Isi setengah tabung menggunakan air panas. Masukkan 200 ml cuka putih, 5 sendok makan baking soda, kemudian isi penuh tabung menggunakan air keran.

foto: TikTok/@myversionofzen

Jangan langsung putar, diamkan selama 1 jam dengan kondisi air penuh, baru setelah itu diputar. Mesin cuci siap dipakai lagi. Kerak membandel hilang, jamur juga pergi, dan yang pasti mesin cuci jadi seperti baru lagi.

Video yang diunggah oleh akun @myversionofzen ini berhasil menarik perhatian warganet hingga ditonton lebih dari 575 ribu kali. Beragam tanggapan juga memenuhi kolom komentar postingan ini.

foto: TikTok/@myversionofzen

"Pernah nyuci dengan nyiram bagian depan tuh yg ada tombolnya. Eh mesinnya jd rusak. Klw tau ilmunya gak bgt ya mb. Mksh infonya," kata @Mama TaSi.

"blom pernah coba nih.. tp kayaknya boleh juga kalo dicoba.. mudah2 bisa mesin cuci jadi bersih lagi," ujar @Ibuk Indah.

"kalo bagian luar usahain stlh nyuci di lap hehe jd ga banyak kerak," timpal Keluarga Rantau.

"otw bersihin mesin cuci emak gue. terimakasih vtnya kak," komentar kecap manis.

(brl/wen)