Sebelum seleksi beasiswa LPDP itu berlangsung, Aulia berupaya menginisiasi kursus bahasa Inggris gratis berbasis online sebagai bentuk rasa syukurnya atas nilai TOEFL yang meluluskan dirinya pada beasiswa LPDP. Awalnya bekerja seorang diri, ia tidak menyangka bahwa minat dan antusias orang yang begitu tinggi membuat kursus ini dalam prosesnya semakin berkembang.

BACA JUGA :
9 Cara mendapatkan uang tambahan untuk mahasiswa, biar nggak minta orang tua lagi

Suasana salah satu kelas pembelajaran bahasa Inggris di masa pandemi Covid-19/foto: brilio.net/Ardho Aflyandri

"Terus berlanjut pula mengadakan kelas belajar speaking pemula, sekalian juga ngebuat akun @a.class.byaulia itu di Instagram buat jadi semacam media perantara. Nah, dari TOEFL sampai kelas speaking kecil-kecilan itu, dihandle sendirilah semuanya" kata Aulia.


Setelah berjalan beberapa batch, antusias orang yang ingin join itu semakin banyak. Sehingga, membutuhkan jasa orang lain karena nggak bisa diurus sendiri. “Nah, disitu akhirnya mengadakan kelas berbayar namun dengan harga yang sangat terjangkau, jadi memudahkan siapapun buat mau join,” ungkapnya.

BACA JUGA :
10 Potret bukti hidup anak kos itu keras, bikin ngelus dada

Kelas bahasa Inggris, lanjut dia, kemudian dialihkan ke akun baru di @wetalkenglish.id, sedangkan yang @a.class.byaulia jadi untuk menyebarkan informasi literasi digital bagi orang tua dan anak-anak. “Sampai sekarang berjalan lancar, bahkan udah banyak diajak kolaborasi sama universitas dan komunitas terkait," jelasnya panjang lebar sambil sedikit tertawa.

Kelas kursus yang diinisiasi Aulia ini nyatanya memang banyak memberi akses pada orang-orang yang masih awam dengan bahasa Inggris untuk belajar dengan mudah, murah, dan nyaman. Banyak peserta kelas pun menyatakan reaksi positif mereka terhadap kursus ini, baik dari segi pembelajaran

"Enak banget kelasnya. Selain fleksibel dan lingkungannya menyenangkan, tutornya juga interaktif jadi peserta kelasnya nggak bengong-bengong aja gitu,” kata salah satu peserta, Sarah. 

Sarah mencontohkan, dalam kelas speaking buat pemula, topik yang dibawa ketika latihan itu emang bener-bener relate sama kehidupan. Begitupun untuk latihan soal, juga dibimbing dengan penjelasan mudah dimengerti. 

Peserta lainnya, Husni, mengaku terbantu sekali dengan adanya kelas ini. “Tipe kelasnya bisa diambil menyesuaikan level masing-masing, jadi nggak merasa minder deh sama yang lebih hebat,” sebut dia.

(brl/pep)