Adapun beberapa video yang beredar menunjukan momen pesawat Garuda Indonesia yang dinaiki jemaah haji mengeluarkan api pada bagian mesin samping. Atas kejadian ini Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menyampaikan permintaan maaf kepada semua pihak yang dirugikan.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan kepada seluruh jemaah haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai penyelenggara haji," tutur Irfan Setiaputra.

BACA JUGA :
Cerita pria yang memilih umrah mandiri ini ongkosnya lebih murah dari travel, begini rinciannya

foto: TikTok/@dewa_bugis_bone123


Untungnya, usai kejadian tersebut para jemaah diarahkan menuju asrama dan menunggu penerbangan berikutnya. Adapun proses pendampingan jemaah menuju asrama melibatkan pihak-pihak terkait di bandara untuk memastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik.

BACA JUGA :
Potret 7 seleb ke Tanah Suci bareng kekasih, Putri D'Academy dan Abdul Azis jadi sorotan

Mengingat kondisi darurat, akhirnya 450 jemaah haji ini diterbangkan menggunakan armada yang didatangkan langsung dari Jakarta. Diketahui, seharusnya armada tersebut dipakai oleh jemaah kloter 6 yang dialihkan ke kloter 5 agar sampai ke Madinah sesuai keberangkatan selanjutnya. Namun pergantian ini tidak memengaruhi jadwal keberangkatan jemaah selanjutnya, karena sudah disiapkan dan kloter 6 berangkat di jam 3 subuh, Kamis (16/5).

Video momen detik-detik pesawat mengeluarkan percikan api sudah tersebar di media sosial. Banyak keluarga yang panik dan khawatir, tak sedikit juga yang mengungkapkan kecemasan mereka di kolom komentar.

"Tolong di cek betul” pak kami keluarga sangat panik," ujar akun @siti_nurhikma.

"Tolong pihak maskapai @garuda.indonesia dn pihak @kemenag_ri di cek betul" lagi pesawat penggantinya sebelum diberangkatkan ke2 orgtua saya adalah jemaah dri kloter 5 tersebut yg berangkat. Kami pihak keluarga betul² sangat panik dengan adanya kejadian seperti ini," kata akun @ratnaa_90.

"Tolong pesawat pengganti nya betul” di cek secara detail dan betul” di nyatakan layak beroperasi, Karena orang tua saya salah satu dari calon jamaah haji yang berangkat," komentar akun @yulhi_215.

"Ya Allah semoga semua jamaah Haji slalu dalam lindungan Allah .. kembali lagi sampai ke indonesia dgn sehat dan selamat," tanggapan akun @rhadibrata.

"Yaallah jarang² kejadian pesawat haji tragedi kayak itu, semoga semuanya aman dan lancar kembali," tulis akun @ajun1397.

 

(brl/jad)