Brilio.net - Hampir satu tahun berlalu sejak Baim Wong dikabarkan gagal berangkat haji. Kegagalan suami Paula Verhoeven menunaikan ibadah haji pun sempat jadi topik perbincangan hangat publik. Saat itu, Baim beralasan jika dirinya harus menjaga sang istri yang mengalami keguguran anak ketiganya.

Meski begitu, tak sedikit yang menduga Baim hanya melakukan prank. Bahkan ada pula yang menyinggung soal sang aktor enggan naik pesawat kelas ekonomi.

BACA JUGA :
Dulu terjerat utang Rp 1,5 miliar kini punya rumah megah, 9 potret dapur Baim Wong mewah ada rak buku

Setelah disimpan lama dari publik, pria 43 tahun itu akhirnya mengungkap alasan sebenarnya gagal menunaikan rukun Islam kelima pada 2023. Dalam unggahan di Instagram, Baim mengungkapkan keresahannya yang selama ini ia pendam karena kabar batalnya berangkat haji membawanya pada tuduhan dan spekulasi tidak berdasar dari warganet.

“Kadang persepsi orang kemana-mana, waktu itu dibilang karena nggak mau terima kelas ekonomi Saya hanya bisa diam. Padahal masalah intinya bukan itu,” tulis Baim Wong dikutip brilio.net dari Instagram @baimwong, Senin (3/6).


BACA JUGA :
Niat jualan Ipad murah sejutaan berujung kontroversi, Baim Wong gercep datangi bea cukai

foto: Instagram/@baimwong

Menurut Baim, selain istrinya mengalami keguguran, visa yang dipakai bukan visa haji Furoda melainkan visa haji biasa. Hal tersebut tentu sepenuhnya kesalahan agen travel yang ia gunakan.

Sebagai informasi, Furoda merupakan program ibadah haji khusus tanpa antri yang izin visanya sudah diberikan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui kewenangan kedutaan besarnya di wilayah RI. Keberangkatan haji dengan visa Furoda ini sudah diatur dalam UU nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

“Melihat berita ini, saya jadi keinget kejadian dulu. Selain memang saya harus menjaga Paula, alasan utamanya karena memang visanya bukan furodah,” dia menyambung pernyataan.

Berita yang Baim Wong maksud di dalam unggahan tersebut adalah mengenai penangkapan 24 WNI yang diduga memalsukan visa haji. Berdasarkan informasi terakhir dari otoritas Arab Saudi, 22 jemaah akan dibebaskan karena dianggap sebagai korban. Disebutkan dalam berita jemaah tersebut mengalami kerugian hingga 150 juta per orang.

foto: Instagram/@baimwong

Nahasnya, persoalan visa tersebut memang baru Baim ketahui saat sudah berada di pesawat. Tak mau ambil risiko, bintang film Hujan Bulan Juni itu pun turun dari pesawat dan tidak jadi berangkat.

“Dan saya baru tau di pesawat, karena tiket bukan ada di saya selama di airport," ungkapnya.

Menurutnya, kalau saat itu dirinya memberikan pernyataan, ia khawatir akan ada lebih banyak calon jemaah yang gagal berangkat. Oleh karena itu, Baim memilih untuk menutupi banyak hal.

"Kalau saya kasih statement, takut akan ada banyak org yg akan gagal haji karena saya. Semoga skrg bisa mengerti,” terang Baim.

Di akhir kalimat, Baim berpesan kepada calon Jemaah haji untuk berhati-hati dengan janji pada jasa travel. Ia tidak ingin pengalaman tertipu oleh jasa travel bodong dialami oleh masyarakat lainnya.

"Sekarang mau speak up, supaya kita bisa was was kedepannya. Hati-hati sama janji-janji Travel,” tutupnya.

(brl/wen)

RECOMMENDED