Brilio.net - Riuh stadion atas kemenangan Indonesia VS Filipina masih menyisakan kebahagiaan bagi pecinta sepak bola Tanah Air. Kemenangan tersebut membuat Indonesia berhak melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia tahun 2026 Zona Asia. Timnas kini menjadi sorotan publik, tidak hanya karena permainan di lapangan, tapi juga kegiatan pemain seusai bertanding. Salah satu yang jadi sorotan adalah pemain naturalisasi Ragnar Oratmangoen.

Saat ini liga sepak bola memang sedang jeda internasional akhir musim. Pemain yang negaranya sedang tidak bertanding boleh menikmati liburan panjang hingga liga kembali bergulir. Alih-alih ke tempat wisata, kesempatan ini ternyata digunakan Ragnar Oratmangoen untuk mengunjungi kampung halaman ayahnya di Maluku.

BACA JUGA :
Pergoki Christian Gonzales nonton timnas di kursi tribun, Ibnu Jamil beri kritikan menohok ke PSSI

foto: Instagram/@0ratmangoen


Ragnar merupakan pemain diaspora Indonesia yang musim lalu membela Klub Fortuna Sittard dengan status pinjaman. Fortuna Sittard adalah klub sepak bola yang bermain di Liga Teratas Belanda. Musim lalu, Ragnar dan kawan-kawannya berhasil finish di peringkat 10 dengan mengemas 38 poin. Setelah itu barulah ia membela Indonesia di dua pertandingan terakhir.

BACA JUGA :
Dipenuhi fans Cina, ini 9 menu warung nasi Padang milik kiper Timnas Singapura Hassan Sunny

Ragnar bisa membela timnas karena memang punya keturunan Indonesia. Permain berusia 26 tahun itu memiliki darah Maluku. Sang kakek dari ayahnya merupakan pria kelahiran Ambon.

foto: Instagram/@0ratmangoen

Meski lahir di Belanda, pemain kelahiran 1998 ini juga punya nama Indonesia. Nama Oratmangoen yang melekat padanya itu merupakan sebuah marga atau fam dari Provinsi Maluku. Diketahui, marga tersebut berasal dari Kepulauan Tanimbar.

Karena itu, beberapa hari selepas pertandingan ia justru lebih memilih untuk pulang ke kampung halaman. Hal ini dipostingnya langsung lewat akun Instagram pribadi. Terlihat banyak warga yang antusias menyambut kedatangan salah satu pemain andalan Timnas ini.

Mereka semua melambaikan tangan sambil bersorak "Oratmangoen, Oratmangoen" saat Ragnar membuat video. Hal ini juga yang membuat banyak netizen menguatkan pendapat bahwa Ragnar tidak bisa disebut sebagai orang luar, melainkan anak bangsa sendiri.

Kunjungan Ragnar pada kampungnya, menjawab simpang siung dan pro kontra terkait naturalisasi. Hal tersebut seakan menegaskan bahwa Ragnar adalah pemain asli Indonesia dan berhak membela Timnas. Sehingga, netizen berharap tidak ada lagi yang mengotak-ngotakkan antara pemain lokal dan juga naturalisasi.

foto: Instagram/@0ratmangoen

"Keren sih, dia Indonesia ga kaleng kaleng," kata akun @yurinal,

"Masih ada aja yang bilang dia bukan orang indo," ujat akun @dimas_aryo.

Diketahui, Ragnar Oratmangoen resmi memegang paspor Indonesia pada 18 Maret 2024. Dirinya melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Setelah resmi menjadi WNI, Ragnar sudah turun membela timnas sebanyak 3 kali. 2 diantaranya melawan Vietnam dan satu lagi saat berhadapan dengan Filipina. Dari penampilan tersebut, Ragnar sudah menyumbang satu gol untuk Indonesia saat melawan Vietnam.

(brl/wen)

RECOMMENDED