Sontak rekaman itu bikin heboh hingga menuai banyak komentar yang tak menduga Richard dapat berkata demikian. Ramai dihujat warganet, dr. Richard Lee lantas membantah atas duga suara yang mirip dirinya. Ia langsung membalas postingan Pablo Benua di kolom komentar dengan menuturkan rekaman suara itu dibuat-buat alias hoaks.

BACA JUGA :
Punya hunian mewah senilai Rp 70 M, 11 potret kamar tidur dr Richard Lee dilengkapi fasilitas canggih

foto: Instagram/@bangbenua

"Pengacara jg bisa kena hoax ya. Bukan suara sy bang, apk gitu mudah dibuat skrg ," komentar dr. Richard @dr.richard_lee di postingan Pablo Benua @bangbenua


Lebih lanjut, dr. Richard Lee pun memberikan klarifikasi melalui Instagram Story-nya bahwa suara tersebut bukan miliknya.

BACA JUGA :
Tolak ajakan Kartika Putri damai usai saling sindir lagi, dr Richard Lee ungkap trauma belum hilang

"Mohon maaf itu bukan suara saya, zaman sekarang banyak aplikasi u buat itu... HOAX," tulis dr. Richard di Instagram story yang memberikan reaksi atas postingan berita salah satu media online.

foto: Instagram/@dr.richard_lee

Nggak hanya itu, dr. Richard Lee juga menunjukkan sebuah contoh video iklan yang memperlihatkan dirinya yang tengah mempromosikan sebuah produk kecantikan. Ternyata video tersebut dinyatakan hoaks, hal serupa menjadi contoh hoaks atas suara yang diduga mirip dr. Richard Lee tersebut.

foto: Instagram/@dr.richard_lee

Ia juga menegaskan pada caption postingan Instagram bahwa suara yang mengaku bisa bayar polisi tersebut adalah hoaks sehingga masyarakat tidak perlu termakan berita tersebut.

"Dari dulu banyak banget iklan2 yg pake aplikasi mirip suara saya. Ini aplikasi yg meresahkan! Jgn mudah percaya, yuk jd netizen yg pintar dan cerdas. Jgn mudah percaya berita hoaks.
Ini uda 2024," Tulis dr. Richard di unggahan terbarunya.

Prahara masalah tersebut pun menuai perhatian publik. Ada yang membela dr. Richard Lee, ada pula yang menilai bahwa suara tersebut benar-benar miliki dr. Richard sebab tidak bisa dibedakan mana suara asli dan bukan suaranya.

"Byk dok yg pake muka dan suara dokter Richard lee dari VIT e,dari Salep flex,sampe obat putih gigi.dll.byk sekali," komentar salah satu netizen @maryanaflowers75

"Masih ngeles aja.... jelas jelas itu suaranya..masih mau membela...," tambah @apotek.buka

"Wih....suaranya mirip banget dok...," @bbr_bltr

"Mau mengelak bagaimana lagi @dr.richard_lee," @aisyah_fatmawati1

"Banyak yang makek suara dokter emang. Apalagi di FB, beuh, aneka produk kecantikan dan oelangsing makek suara dokter. Ngeri nian jika AI disalahgunakan," tulis @idham_samudra

(brl/lea)