Tahun 1986 Edwin berhasil lulus dari STAN, ia juga mendapatkan posisi PNS tingkat bawah di Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Lalu kembali melanjutkan pendidikan SI Akuntansi di STAN pada 1989. Saat itu justru bandnya sedang mengeluarkan album Gadisku namun ia tetap jalani dengan beriringan.

Pada tahun 1997 dia mendapat kesempatan S2 gratis di University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat (AS). Akhirnya satu tahun sebelumnya pria 58 tahun ini memutuskan untuk mundur dari band yang sudah membesarkan namanya.

BACA JUGA :
Ronny Sianturi 'Trio Libels' eksis lewat trio baru, wajah menolak tua di usia 58 tahun bikin salfok

foto: Instagram/@edmanans


Di sisi itu, Edwin pernah berkarir menjadi presenter dalam program Siapa Berani? di Indosiar, Jelang Siang di Trans TV, Kamera Ria di TVRI, dan 24 Hour Quiz di Metro TV.

BACA JUGA :
Populer lewat grup vokal Trio Libels kini jadi PNS, ini 11 transformasi Edwin Manansang

Pendidikan jadi hal penting untuk hidupnya, tahun 2003 dia berkuliah lagi dengan mengambil pendidikan S3 di Universitas Indonesia jurusan Ekonomi. Ia memperoleh gelar Doktor Ekonomi di bidang Manajemen Keuangan.

Kini ia masih menjabat sebagai PNS tingkat eselon II dan dipercaya sebagai Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kemenko Perekonomian.

Miliki jabatan mentereng, Edwin bertugas membantu Deputi mengkoordinasikan semua kegiatan kerjasama ekonomi dengan berbagai negara. Seperti pada kegiatan G20, Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO), dengan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan sebagainya.

(brl/pep)