Pengertian dan rumus luas penampang.

foto: pexels.com

BACA JUGA :
Macam-macam rumus sin cos tan, lengkap dengan contoh soal dan pembahasan yang mudah dipahami

Luas penampang adalah ukuran luas permukaan suatu benda yang tegak lurus dengan arah tertentu. Luas penampang biasanya digunakan untuk menghitung besarnya gaya, tekanan, aliran, atau energi yang bekerja pada suatu benda. Luas penampang dapat berbentuk segiempat, lingkaran, elips, atau bentuk lain yang tidak beraturan.

Untuk menghitung luas penampang, perlu mengetahui rumus yang sesuai dengan bentuk benda tersebut. Misalnya, untuk menghitung luas penampang pipa yang berbentuk lingkaran, kamu dapat menggunakan rumus π x (Diameter/2)².


Keterangan:

BACA JUGA :
Cara menghitung keliling trapesium, lengkap dengan ciri dan contoh soalnya

π adalah konstanta matematika yang bernilai sekitar 3,14. Diameter adalah jarak antara dua titik terjauh pada lingkaran.

Sementara itu, untuk menghitung luas penampang segiempat, kamu bisa gunakan rumus panjang x lebar. Di mana panjang dan lebar adalah sisi-sisi segiempat yang tegak lurus satu sama lain.

Sedangkan untuk menghitung luas penampang benda yang berbentuk tak beraturan, dapat menggunakan metode integral yaitu dengan membagi benda menjadi bagian-bagian kecil yang berbentuk sederhana, kemudian menjumlahkan luas dari setiap bagian tersebut. Atau, dapat gunakan alat pengukur luas penampang, seperti planimeter yang dapat mengukur luas penampang dengan cara mengikuti kontur benda tersebut.

(brl/jad)