Brilio.net - Kubus merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki enam sisi berbentuk persegi dan 12 rusuk yang sama panjang. Kubus juga memiliki delapan titik sudut yang membentuk sudut siku-siku. Kubus termasuk dalam bangun ruang Platonik, yaitu bangun ruang yang memiliki sisi-sisi kongruen dan sudut-sudut sama besar.

Selain itu, kubus juga dikenal sebagai salah satu bentuk khusus dalam prisma segi empat. Setiap kubus memiliki perhitungan luas dan volumenya. Di mana ketika menghitung volume maka kamu akan mencari tahu seberapa banyak ruang yang bisa diisi dalam satu kubus tersebut.

BACA JUGA :
Rumus luas lingkaran lengkap dengan pengertian dan contoh soalnya

Rumus cara menghitung volume kubus pun tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu mengalikan panjang, lebar, dan tinggi kubus. Sebab, kubus hanya memiliki enam sisi yang sama panjang, lebar dan tinggi. Jadi, ketika mencari nilai volumenya maka, rumus cara menghitung volume kubus cukup mengalikan ketiga komponen tersebut dengan ketentuan rumus yang telah ditetapkan.

Nah, supaya kamu nggak bingung cara menghitung rumus volume kubus, berikut brilio.net sajikan cara menghitung rumus volume kubus, lengkap dengan sifat dan penyelesaiannya. Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (12/9).


Ciri-ciri kubus.

BACA JUGA :
Cara menghitung rumus luas trapesium, lengkap dengan contoh soalnya

foto: pexels.com

1. Keenam sisi yang sama panjang.

Kubus memiliki enam sisi yang semuanya memiliki panjang yang sama. Ini berarti semua sisi kubus memiliki ukuran yang identik.

2. Keenam sudut yang sama besar.

Kubus memiliki enam sudut, dan semua sudut ini memiliki besaran yang sama. Sudut-sudut kubus semuanya adalah sudut tumpul, dengan ukuran sudutnya masing-masing adalah 90 derajat.

3. Sisi tegak lurus.

Setiap pasang sisi kubus adalah sisi-sisi yang tegak lurus satu sama lain. Ini berarti jika menggambar garis lurus dari ujung satu sisi ke ujung sisi yang lain, kamu akan membentuk sudut 90 derajat.

4. Tiga dimensi.

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi, yang berarti ia memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Ini membedakannya dari bentuk dua dimensi seperti persegi.

5. Memiliki 12 tepi.

Kubus memiliki 12 tepi yang sama panjang, dengan masing-masing sisi bertemu dengan tiga tepi lainnya.

6. Symmetrical.

Kubus adalah bentuk simetris. Setiap sisi, sudut, dan tepi dapat diputar atau dilipat ke posisi yang sama dengan mempertahankan bentuk dan ukuran yang sama.

7. Dua diagonal yang sama panjang.

Kubus memiliki dua diagonal yang menghubungkan titik-titik yang berlawanan. Diagonal ini juga memiliki panjang yang sama, dan jika Anda mengukurnya, panjangnya sama dengan akar kuadrat dari tiga kali panjang salah satu sisi kubus.

8. Mempunyai 8 titik sudut.

Kubus memiliki 8 titik sudut yang membentuk sudut-sudut tumpul. Keempat sudut tersebut bertemu di setiap sudut kubus.

9. Kubus yang prisma.

Kubus juga dapat dianggap sebagai prisma segi enam dengan sisi-sisi segi empat sama panjang dan sudut di antara sisi-sisi tersebut selalu 90 derajat.

Sifat volume kubus

foto: Istimewa

1. Volume kubus adalah ukuran ruang yang diisi oleh kubus.

2. Volume kubus dapat dihitung dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi kubus.

3. Karena kubus memiliki enam sisi yang sama, maka panjang, lebar, dan tinggi kubus sama dengan panjang rusuk kubus.

(brl/lea)

RECOMMENDED