1. Gunakan layanan Facebook Ads

BACA JUGA :
Cara menukar uang di bank Mandiri, mudah dan praktis

foto: Freepik

Salah satu fitur yang disediakan oleh Facebook adalah Facebook Ads, dengan fitur ini kamu bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan konten atau penjualan di Facebook. Dengan membuat Facebook Ads memang dibutuhkan modal. Sebab, Facebook Ads ini merupakan iklan yang ditunjukkan kepada pengguna di Facebook. Namun, Facebook Ads memiliki banyak keuntungan. Mulai dari menentukan target iklan dengan spesifik, remarketing, hingga mengumpulkan leads. Selain itu, Facebook Ads memberikan kemudahan bagi penggunanya, salah satunya kemudahan menyusun informasi tentang siapa saja target pelanggan yang disasar, jumlah budget untuk iklan dan pengaturan format iklan.


2. Membuat konten yang menarik

BACA JUGA :
Cara menabung uang jajan 5000 dengan mudah, bisa jadi dana darurat di akhir bulan

foto: Freepik/rawpixel.com

Untuk bisa memanfaatkan dan memaksimalkan Facebook Ads, kamu bisa membuat sebuah konten yang menarik sesuai dengan minat kamu di bidang apa dan tren saat ini. Dengan membuat konten menarik, maka bisa dipastikan akun kamu akan disukai banyak orang dan kamu semakin dikenal. Tujuan dari membuat konten menarik dan sesuai dengan tren terkini adalah untuk membangun kedekatan dan popularitas agar nantinya akun Facebook kamu punya kekuatan untuk menjual produk lebih luas lagi.

3. Menggunakan grup dan fanpage untuk berjualan

foto: Freepik

Cara mendapatkan uang dari Facebook yang lain adalah dengan memanfaatkan fanpage atau grup. Perbedaan yang cukup mencolok ketika kamu berjualan di Facebook dibandingkan dengan media sosial lainnya adalah adanya grup khusus yang bisa dibuat sesuai dengan minat dan ketertarikan para penggunanya. Grup atau fanpage ini akan lebih fokus pada niche dan ketertarikan dari produk yang akan dijual. Melalui grup dan fanpage, kamu akan lebih mudah untuk membidik target sasaran.

4. Facebook marketing pages

foto: Freepik

Facebook Marketing Pages bisa dipakai untuk mengelola bisnis secara efisien sehingga memberikan dampak yang signifikan untuk ke depannya. Kamu bisa mengunggah berupa foto, video dan jenis promosi lainnya yang bisa menarik perhatian pelanggan. Facebook Marketing Pages diciptakan sebagai aplikasi mobile untuk Android dan iOS yang bisa membantu kamu untuk berjualan online. Dengan Facebook Marketing Pages, kamu memiliki halaman profil sendiri untuk bisnis dan bisa melakukan pemasaran, menjangkau pelanggan sampai menciptakan kampanye branding sebuah produk.

5. Membuat grup dengan paid membership atau berbayar

foto: Freepik/@jcomp

Paid membership mirip dengan kelas online yang hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah melakukan pembayaran. Cara ini dapat membantumu untuk mendapatkan uang dari Facebook dengan membuka grup berbayar. Misalkan kamu memiliki keahlian merias wajah dengan berbagai konsep, maka kamu bisa membuka kelas berbayar untuk masuk ke dalam grup tersebut. Kamu bisa eksplorasi keahlian kamu di bidang apa untuk bisa membuat grup ini.

6. Menyediakan jasa sponsorship atau paid promote

foto: Freepik/@tirachardz

Kamu bisa mendapatkan uang dari Facebook saat sudah memiliki banyak followers atau teman. Cara ini hampir sama dengan cara mendapatkan uang dari Instagram karena keduanya memang saling berkaitan. Kamu bisa melakukan kerja sama dengan brand atau pemilik produk untuk melakukan promosi di akun Facebook dengan besaran jasa yang disesuaikan dengan banyaknya jumlah pengikutmu.

7. Menyediakan jasa pengelolaan fanpage

foto: Freepik

Kamu bisa menawarkan diri menjadi pengelola fanspage atau akun Facebook personal tokoh-tokoh penting. Dari jasa pengelolaan fanspage ini tentu kamu bisa menawarkan uang jasa per bulan sesuai kesepakatan dan beban kerjamu. Jasa pengelolaan fanspage ini meliputi mencari konten yang tepat, membuat konten sesuai dengan keperluan, memposting, dan membangun kedekatan dengan followers sehingga meningkatkan engagement brand atau perusahaan.

 

(brl/far)