Brilio.net - Luka robek biasanya diakibatkan karena terjatuh atau terkena benda tajam. Luka yang terbut dapat merusak lapisan pelindung tubuh. Hal ini memungkinkan bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Infeksi pada luka robek dapat menyebabkan komplikasi serius, terutama jika bakteri mencapai jaringan dalam atau aliran darah.

Salah satu faktor risiko utama infeksi pada luka robek adalah kurangnya perawatan yang tepat. Ketika luka tidak dibersihkan secara menyeluruh atau tidak ditutup dengan benar, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat. Penggunaan peralatan yang tidak steril juga dapat meningkatkan risiko infeksi.

BACA JUGA :
7 Cara mencegah munculnya bekas luka di kulit, gunakan petroleum jelly

Salah satu kondisi terburuk yang dapat terjadi adalah infeksi luka. Jika bakteri masuk ke dalam luka dan berkembang biak, akan menyebabkan infeksi lokal yang parah. Parahnya, dapat menyebar ke jaringan sekitarnya. Infeksi yang tidak diobati dengan benar dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri yang hebat, bahkan kerusakan jaringan yang luas.

Selain itu, salah penanganan luka robek juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keloid. Keloid adalah pertumbuhan jaringan parut yang berlebihan di area luka. Jika luka tidak ditutup dan dijaga kebersihannya, kemungkinan terbentuknya keloid menjadi lebih tinggi. Keloid bisa menjadi permanen dan menyebabkan gangguan kosmetik atau bahkan ketidaknyamanan fisik jika terletak di area yang sensitif atau sering digunakan.


Pada kasus yang sangat jarang terjadi, luka robek yang tidak tertangani dengan baik dapat mengakibatkan infeksi darah atau yang dikenal sebagai sepsis. Sepsis adalah kondisi yang mengancam jiwa di mana tubuh bereaksi terlalu berlebihan terhadap infeksi, mengakibatkan peradangan di seluruh tubuh. Sepsis dapat menyebabkan kerusakan organ, kegagalan organ, bahkan kematian jika tidak segera diobati.

BACA JUGA :
Ulkus dekubitus adalah luka pada kulit, kenali gejala dan penyebabnya

Pencegahan infeksi pada luka robek sangat penting untuk memastikan pemulihan yang cepat dan tanpa komplikasi. Dengan perawatan yang tepat, risiko infeksi dapat diminimalkan, memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan luka dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk selalu memberikan perawatan yang tepat dan cermat pada luka robek agar tidak terjadi komplikasi yang serius.

Berikut cara pertolongan pertama untuk luka robek agar kamu tidak salah penanganan yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/5).

 

 

 

(brl/far)

RECOMMENDED