6. Jangan menuntut waktu dosen.

foto: Freepik/azerbaijan_stock

BACA JUGA :
Arti deep talk, kenali manfaat, cara melakukannya, dan contoh topik menarik untuk dibahas

Biasanya kamu membutuhkan tanda tangan dosen tertentu agar berkas atau tugas kamu bisa memenuhi syarat untuk nilai mata kuliah. Namun, sayangnya tidak semua dosen siap sedia untuk memberikan tanda tangan karena ada kepentingan atau belum bisa ditemui. Ketika menghubungi dosen untuk meminta tanda tangan, jangan pernah menuntut waktu dosen dengan menanyakan kapan bisa bertemu dalam waktu yang dekat.

7. Hindari protes yang berlebihan.


foto: Freepik/benzoix

BACA JUGA :
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan, ketahui penjelasanya

Bukan hal baru lagi ketika ada mahasiswa yang mengajukan protes kepada dosen, seringnya karena nilai mata kuliah yang tidak keluar padahal selalu memenuhi mata kuliah dan tepat waktu ketika mengumpulkan tugas. Meskipun kamu merasa kesal, ketika menyampaikan protes melalui pesan singkat hindarilah bersikap yang berlebihan kepada dosen, karena bisa saja menyinggung dan menjadi masalah baru lagi.

8. Jangan spam pesan kepada dosen.

foto: Freepik/rawpixel.com

Dosen tidak selalu standby dengan gawai mereka, jadi kamu akan mendapati pesan yang dikirim tidak mendapatkan respon dengan cepat. Tetaplah bersabar dan menunggu, jangan mencoba untuk mengirim pesan berulang dan spam kepada dosen, karena akan menganggu waktu dosen dan menciptakan pola komunikasi yang buruk.

9. Berikan permintaan maaf.

foto: Freepik/cookie_studio

Ketika sudah menyampaikan pesan dan mendapatkan jawaban yang kamu ingingkan, jangan lupa untuk mengucapkan permintaan maaf barangkali mengganggu waktunya. Hal tersebut menunjukan sikap rendah hati sebagai mahasiswa yang memperlihatkan kesopanan terhadap dosen.

10. Ucapkan terima kasih dan salam penutup dengan baik.

foto: Freepik

Janagn lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada dosen yang telah meluangkan waktu untuk membalas pesanmu melalui WhatsApp. Mengucapkan terima kasih dan salam penutup merupakan hal wajib yang harus dilakukan mahasiwa ketika selesai menghubungi dosen sebagai bentuk menghargai dosen.

(brl/mal)