1. Juara ketiga Piala Asia 2024

foto: Instagram/@pssi

BACA JUGA :
Momen unik pria nonton dua pertandingan sepak bola berbeda dalam satu waktu, caranya menarik dicoba

Timnas U-23 yang kalah di babak semifinal, masih bisa lolos ke Olimpiade 2024. Syaratnya, Tim Garuda harus memenangkan juara ketiga nantinya. Perebutan juara tiga ini akan menentukan siapa tim terakhir yang akan lolos ke Olimpiade. Jadi, masih ada harapan bagi Indonesia yang kalah di babak semifinal Piala Asia U-23. Selain akan meraih juara ketiga, Indonesia dipastikan lolos ke Olimpiade 2024.

Timnas Indonesia U-23 dipastikan melawan Irak di duel tempat ketiga Piala Asia. Hal tersebut dipastikan usai Irak kalah dari Jepang di semifinal dengan skor 0-2 pada Selasa (30/4) dini hari. Laga tersebut sekaligus penentuan tiket lolos Olimpiade 2024. Pertandingan melawan Irak akan digelar pada Kamis (2/5) pukul 22.30 WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

2. Menang playoff lawan Guinea


foto: Instagram/@pssi

BACA JUGA :
Langkah Indonesia di Piala Asia 2024 terhenti di semifinal usai dikalahkan Uzbekistan

Jika Timnas Indonesia U-23 kalah di perebutan juara ketiga Piala Asia U-23, apakah masih bisa lolos ke olimpiade? Jawabannya adalah iya, ini adalah skenario terakhir. Timnas Indonesia bisa lolos melalui jalur khusus, yakni melalui playoff antara wakil AFC melawan wakil CAF.

Lawan yang akan dihadapi Indonesia adalah peringkat empat Piala Afrika U-23 2023. Wakil CAF untuk babak playoff sudah ditentukan. Indonesia harus mengatur strategi untuk menang melawan Guinea, yang kalah melawan Mali di perebutan juara tiga Piala Afrika U-23. Babak playoff ini rencananya digelar pada 9 Mei 2024.

(brl/lea)