Penyebab timbulnya penyakit scabies.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Bukan pakai salep, ini trik mengatasi gatal di sela jari karena kutu air hanya dengan 3 bahan masakan

Penyebab timbulnya penyakit scabies yang paling utama yaitu adalah tungau Sarcoptes scabiei. Keberadaan tungau ini sangat sulit dideteksi karena ukurannya yang amat kecil hingga sulit dilihat menggunakan mata telanjang. Awalnya tungau tersebut akan menggigit jaringan kulit penderitanya dan tinggal di dalamnya. Lalu tungau tersebut akan bereproduksi dan bertelur di permukaan kulit. Setelah larva tungau itu menetas, tungau tersebut akan berinvasi lebih jauh hingga menyebar ke area permukaan kulit yang lain. Selain itu, kontak kulit langsung dengan orang lain dapat menjadi perantara penularan scabies yang begitu cepat. Beberapa faktor lain dari penyebab timbulnya penyakit scabies seperti:

- Kontak kulit secara langsung dengan penderita scabies


- Pemakaian barang secara bergantian, seperti handuk, bantal, kasur, pakaian dengan orang lain

BACA JUGA :
Trik redakan rasa gatal akibat kurap hanya pakai 1 daun tanaman liar ini bikin kulit jadi tenang

- Hidup berkelompok dan berdampingan dalam jangka waktu yang lama, seperti asrama, pondok pesantren, panti asuhan, dan semacamnya

- Pola hidup yang tidak memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan

- Daya tahan tubuh sedang menurun

Cara mengobati penyakit scabies paling mudah dan efektif.

foto: freepik.com

Walaupun penyakit scabies terkenal akan penularannya yang begitu cepat, langkah pencegahan dan usaha mengatasinya dapat dengan mudah dilakukan dan dijamin efektif. Adapun cara mengobati penyakit scabies paling mudah dan efektif sebagai berikut:

1. Segera periksa dan berkonsultasi dengan dokter.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam mengobati penyakit secabies adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Dokter akan mengonfirmasi apakah kamu benar-benar mengalami scabies dan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai. Nantinya dokter akan memeriksa kondisi kulit kamu yang sudah terkena gejala penyakit scabies. Jangan lupa juga untuk meminta dokter tersebut membersihkan area kulit yang terinfeksi agar menjadi steril, dan terhindar dari bakteri/kuman lain yang mengancam.

2. Menggunakan obat krim/salep khusus scabies

Pengobatan yang paling umum dan efektif untuk mengobati scabies yaitu dengan cara mengoleskan obat berbentuk krim/salep khusus ke area kulit yang terjangkit scabies. Obat krim yang menjadi rekomendasi para dokter dalam menangani scabies adalah obat Scabimite, kamu bisa mendapatkannya di apotek terdekat. Oleskan obat krim itu sesuai dengan benar mengikuti anjuran pemakaian yang tertera, hindarilah area yang dioleskan obat tersebut dari air dan debu agar semakin efektif. Pastikan kamu mengoleskannya di titik kulit yang tepat, seperti di antara ruas jari, pergelangan tangan, lipatan kulit, siku, hingga area genital. Perhatikan juga mengenai waktu aplikasi obat tersebut, pakailah secara rutin dengan anjuran pemakaian yang benar.

3. Mengonsumsi obat pengurang rasa gatal.

Dalam beberapa kondisi, rasa gatal yang disebabkan scabies dapat amat kuat. Hal itu seringkali menyiksa penderitanya hingga membuat kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kamu juga bisa meminta rekomendasi untuk mengonsumsi obat tambahan untuk mengurangi rasa gatal yang begitu kuat.

4. Mencuci seluruh pakaian dan kain.

Selain mengonsumsi obat dan mengoleskan krim, kamu juga harus membersihkan segala hal yang menempel di tubuhmu. Baik itu pakaian, ataupun hal-hal lainnya yang selalu kamu gunakan, seperti handuk, kaus kaki, sepatu, kasur, bantal dan sebagainya. Gunakanlah air panas dalam proses mencuci keseluruhannya, agar kuman dan bakteri yang tersembunyi di baliknya lekas mati. Pastikan setelah mencuci keseluruhan pakaianmu agar selalu dikeringkan hingga benar-benar kering. Karena apabila pakaian dan kain lainnya dibiarkan lembap, itu adalah media penyebaran penyakit yang fatal.

5. Membersihkan lingkungan tempat tinggal.

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan lingkungan tempat tinggal. Bersihkanlah seluruh area tempat tinggalmu hingga ke penjuru sudut, bahkan lokasi yang tidak terjangkau oleh mata. Berikanlah obat antiseptic pada area yang sering kamu pakai agar semakin bersih dan anti bakteri.

Itulah pengertian, penyebab, dan cara mengobati penyakit scabies. Harapannya, setelah kamu mengetahui informasi seputar penyakit scabies ini, kamu dapat lebih peduli terhadap kebersihan diri sendiri. Jika kamu merasa sudah terjangkit gejala penyakit scabies, segeralah periksakan diri ke dokter. Berhati-hatilah juga dalam melakukan kontak fisik dengan orang lain agar scabies tidak dengan mudah menular. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

(brl/tin)