4. Ruam panas

Dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh
freepik.com

BACA JUGA :
15 Penyebab kelemahan otot dan tips untuk menjaganya, agar aktivitas berjalan lancar

Cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, salah satunya adalah ruam panas. Ruam panas, juga dikenal sebagai prickly heat atau miliaria, terjadi ketika keringat terperangkap di bawah kulit karena pori-pori tersumbat. Ketika cuaca sangat panas, tubuh berusaha mendinginkan diri dengan mengeluarkan keringat melalui kelenjar keringat. Namun, dalam kondisi panas ekstrem, keringat bisa terperangkap di bawah lapisan atas kulit dan menyumbat pori-pori. Keringat yang terjebak di bawah kulit karena pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati atau sebum, yang menyebabkan pembentukan benjolan kecil atau ruam.

Keringat yang terperangkap dalam kulit itu bisa menyebabkan iritasi dan peradangan di kulit, menyebabkan gatal dan ruam panas. Beberapa gejala ruam panas yang disebabkan cuaca panas, seperti timbulnya rasa gatal yang sangat kuat di area kulit, yang disertai dengan munculnya bintik-bintik merah. Dalam kondisi yang parah, ditandai dengan sensasi terbakar di area kulit yang kemerahan.


5. Heat exhaustion

BACA JUGA :
Mengenal vaksin Dengue demam berdarah (DBD), ketahui tujuan, jenis, dan prosedurnya

Dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh
freepik.com

Cuaca panas ekstrem dapat memiliki dampak yang serius pada kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah heat exhaustion, terjadi ketika tubuh kelelahan akibat paparan panjang terhadap suhu tinggi dan kehilangan cairan yang signifikan melalui keringat. Kondisi ini juga terjadi ketika tubuh tidak mampu mengatur suhu tubuh secara efektif karena paparan panjang terhadap suhu tinggi. Meskipun keringat dikeluarkan, dalam kondisi cuaca panas yang ekstrem, tubuh mungkin tidak dapat memproduksi keringat dengan cukup cepat atau efisien untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Akibatnya, suhu tubuh terus meningkat, menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan.

Beberapa gejala heat exhaustion yang disebabkan cuaca panas, seperti tubuh terasa lelah dan pusing di kepala. Selain itu, tiba-tiba merasakan mual dan muntah, yang diperparah dengan peningkatan detak jantung. Jika tubuh dalam kondisi heat exhaustion yang parah, akibatnya tubuh pingsan alias tidak sadarkan diri.

6. Sunburn

Dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh
freepik.com

Cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan sunburn atau luka bakar akibat paparan sinar matahari berlebih. Sunburn terjadi ketika kulit terbakar akibat sinar ultraviolet (UV) yang kuat dari matahari. Sunburn disebabkan sinar UVB merusak lapisan luar kulit, yang menyebabkan kemerahan dan peradangan. Dimana sinar UVA dapat menembus lebih dalam ke kulit dan menyebabkan kerusakan jangka panjang seperti penuaan kulit dan risiko kanker kulit.

Beberapa gejala sunburn yang disebabkan cuaca panas, seperti kulit kemerahan dan terasa nyeri di area kulit yang tepapar panas berlebih. Akibatnya, muncul pembengkakan yang disertai dengan rasa gatal yang sangat parah.

7. Asma

Dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh
freepik.com

Cuaca panas ekstrem dapat memiliki dampak yang signifikan pada individu yang menderita asma, suatu kondisi pernapasan kronis yang ditandai dengan penyempitan saluran udara. Cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan peningkatan suhu udara yang memicu reaksi inflamasi pada saluran udara, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penyempitan saluran udara pada individu dengan asma.

Suhu tinggi dapat meningkatkan tingkat penguapan air dari tubuh, yang dapat menyebabkan dehidrasi pada individu yang rentan, memperburuk gejala asma. Faktor lain yang memperburuk kondisi penderita asma, yaitu cuaca panas dapat meningkatkan polusi udara karena mempercepat reaksi kimia dalam udara, seperti pembentukan ozon, partikel polusi, dan polutan lainnya.

Paparan polusi udara ini dapat memicu atau memperburuk gejala asma. Cuaca panas yang tidak nyaman juga dapat menyebabkan stres psikologis pada individu, yang dapat mempengaruhi respons imun dan inflamasi, memperburuk gejala asma.

8. Gangguan fungsi jantung

Dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh
freepik.com

Cuaca panas ekstrem dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan jantung, terutama pada individu yang sudah memiliki gangguan kardiovaskular. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan meningkatkan tekanan darah. Ini meningkatkan beban kerja jantung, terutama pada individu dengan penyakit jantung yang sudah ada.

Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh saat cuaca panas ekstrem, meningkatkan risiko serangan jantung pada individu yang rentan. Selain itu, dehidrasi yang disebabkan oleh cuaca panas ekstrem dapat meningkatkan kekentalan darah, meningkatkan risiko pembekuan darah dan trombosis pada individu dengan gangguan pembekuan darah atau penyakit kardiovaskular.

9. Gangguan fungsi ginjal

Dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh
freepik.com

Cuaca panas ekstrem dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan ginjal, terutama pada individu yang rentan terhadap gangguan fungsi ginjal. Cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan melalui keringat dengan cepat. Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan volume darah dan tekanan darah, yang dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan mempengaruhi fungsi normalnya.

Konsentrasi urine yang tinggi akibat dehidrasi dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal atau mengganggu aliran urine, yang dapat menyebabkan penyumbatan saluran kemih dan gangguan fungsi ginjal. Selain itu, untuk menghilangkan zat-zat limbah dari darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, ginjal mungkin harus bekerja lebih keras pada cuaca panas ekstrem. Hal ini dapat menmunculkan kesimpulan, cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah pada individu yang rentan, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit ginjal.

10. Mengurangi kualitas tidur

Dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh
freepik.com

Cuaca panas ekstrem dapat memiliki dampak negatif pada kualitas tidur seseorang. Pada cuaca panas ekstrem, tubuh cenderung menghasilkan lebih banyak keringat sebagai respons terhadap suhu tinggi. Keringat berlebihan ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lembab dan tidak nyaman saat tidur. Adapun, udara yang panas dan lembap dapat menyulitkan seseorang bernapas dengan nyaman, terutama jika ventilasi ruangan tidak cukup baik. Hal ini dapat mengganggu tidur dan menyebabkan seseorang terbangun berkali-kali selama malam.

Itulah 10 dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh. Harapannya, setelah kamu mengetahui informasi seputar dampak cuaca panas esktrem bagi kesehatan, kamu dapat menentukan langkah-langkah penanganan yang cepat dan efektif.

Perlu diingat bahwa saat tubuh tidak mampu mempertahankan suhu inti tubuh dalam batas normal, hal itu akan menyebabkan masalah serius pada organ vital tubuh, yang bisa menyebabkan pada kematian individu. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Magang/Zidan Fajri

(brl/ola)