Brilio.net - Jantung adalah organ paling terpenting untuk kunci hidup panjang dan sehat. Jika jantung dalam kondisi prima, maka kesehatan tubuh sudah pasti terjaga. Akan tetapi, dengan semua perubahan gaya hidup modern seperti sekarang, seringkali manusia abai akan kesehatan tubuh, terutama performa jantungnya.

Seringkali ditemukan berbagai berita mengenai serangan jantung menyasar berbagai kalangan, termasuk anak muda. Salah satu cara terbaik untuk merawat jantung adalah melalui olahraga teratur.

Dengan berolahraga secara teratur, dampak yang akan kamu rasakan sangat banyak sekali. Mulai dari kualitas tidur yang mulai membaik, mengurangi risiko hipertensi, memperbaiki mood, sampai menjaga jantung stabil.

Lalu, apakah kamu tahu olahraga apa saja yang disarankan untuk menjaga performa jantung? Berikut 7 olahraga yang disarankan untuk menjaga perfoma jantung, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (17/6).


1. Jogging atau lari.

Olahraga disarankan untuk jaga performa jantung
© 2024 Freepik.com/Berbagai Sumber

Jogging adalah salah satu olahraga yang sangat disarankan untuk menjaga performa jantung. Jogging secara rutin dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen dengan efisien. Ketika berlari, jantung harus memompa darah lebih banyak dan lebih cepat, untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Ini membantu memperkuat otot jantung dan meningkatkan efisiensi fungsi jantung.

Manfaat jogging lainnya yakni membantu mengurangi tekanan darah, dengan menjaga arteri tetap elastis dan meningkatkan aliran darah. Dengan meningkatnya aktivitas fisik, pembuluh darah dapat berfungsi lebih baik, sehingga tekanan darah dapat turun ke tingkat yang lebih sehat.

2. Bersepeda.

Olahraga disarankan untuk jaga performa jantung
© 2024 Freepik.com/Berbagai Sumber

Bersepeda adalah bentuk latihan aerobik yang meningkatkan detak jantung dan memaksimalkan aliran darah ke otot-otot. Ini membantu memperkuat otot jantung, meningkatkan efisiensi fungsi jantung, dan mendorong sirkulasi darah yang lebih baik. Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin bersepeda memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

Aktivitas fisik ini membantu menjaga elastisitas arteri dan mencegah penumpukan plak yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung. Selain itu, dengan bersepeda dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, terutama di bagian bawah tubuh seperti kaki, paha, dan betis.

3. Berenang.

Olahraga disarankan untuk jaga performa jantung
© 2024 Freepik.com/Berbagai Sumber

Berenang adalah salah satu olahraga yang sangat disarankan untuk menjaga performa jantung, karena manfaat kardiovaskularnya yang signifikan dan sifatnya yang rendah dampak.

Berenang merupakan latihan aerobik yang sangat baik untuk tubuh, yang melibatkan gerakan terus-menerus dan ritmis dari otot-otot besar di tubuh. Hal ini meningkatkan detak jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

Lalu, berenang secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan berenang, pembuluh darah menjadi lebih elastis, yang membantu aliran darah lebih lancar dan mengurangi tekanan pada dinding arteri. Hal ini penting untuk mencegah hipertensi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

4. Senam aerobik.

Olahraga disarankan untuk jaga performa jantung
© 2024 Freepik.com/Berbagai Sumber

Senam aerobik melibatkan gerakan ritmis dan berulang dari berbagai otot tubuh besar, yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Aktivitas ini memberikan manfaat seperti, memperkuat otot jantung, meningkatkan efisiensi fungsi jantung, dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

Senam aerobik juga merupakan olahraga yang efektif untuk membakar kalori, membantu mengendalikan berat badan. Mengurangi atau menjaga berat badan pada tingkat yang sehat penting untuk mencegah risiko penyakit jantung, karena obesitas dapat meningkatkan tekanan pada jantung.

5. Yoga.

Olahraga disarankan untuk jaga performa jantung
© 2024 Freepik.com/Berbagai Sumber

Terdapat tiga teknik yoga seperti peregangan, pernapasan dan relaksasi. Ketiga teknik ini sangat baik menjaga kesehatan jantung. Kamu bisa melakukan olahraga yoga secara ruitn sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, dengan durasi sekitar 1 jam setiap sesi.

6. Tenis.

Olahraga disarankan untuk jaga performa jantung
© 2024 Freepik.com/Berbagai Sumber

Tenis adalah olahraga yang sangat disarankan untuk menjaga performa jantung karena melibatkan berbagai aktivitas fisik yang intens dan intensif. Tenis merupakan olahraga yang melibatkan banyak gerakan berlari, memukul, dan perubahan arah yang cepat. Aktivitas ini meningkatkan detak jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Latihan kardio yang konsisten membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

7. Mendaki.

Olahraga disarankan untuk jaga performa jantung
© 2024 Freepik.com/Berbagai Sumber

Mendaki melibatkan gerakan berulang seperti berjalan menanjak, yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Aktivitas ini memperkuat otot jantung, meningkatkan efisiensi fungsi jantung, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Mendaki secara rutin membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Keuntungan lain dari olahraga mendaki yaitu, meningkatkan daya tahan kardiovaskular, membantu jantung beradaptasi dengan usaha yang berkepanjangan, dan meningkatkan efisiensi penggunaan oksigen oleh tubuh.

Itulah 7 olahraga yang disarankan untuk menjaga perfoma jantung. Harapannya, setelah kamu membaca informasi diatas, kamu dapat memperoleh informasi mengenai olahraga yang bagus untuk menjaga performa jantung. Kamu bisa mencoba beberapa variasi olahraga diatas, untuk mendapatkan hasil yang optimal. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

(Magang/Zidan Fajri)

(brl/red)