Brilio.net - Eksim adalah kondisi kulit yang sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan merusak kepercayaan diri bagi penderitanya. Saat gejala eksim memburuk, bisa memberikan dampak yang sangat mengganggu, karena rasa gatal yang begitu parah. Keinginan menggaruk tersebut bisa berakibat fatal.

Biasanya pengobatan eksim bisa dilakukan dengan obat-obatan, namun cara tersebut bagi sebagian orang menimbulkan kendala. Oleh karenanya, memerlukan cara-cara ampuh untuk menyembuhkan eksim tanpa konsumsi obat-obatan. Sebagai alternatifnya, bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar.

BACA JUGA :
Bukan karena sering mandi malam, ternyata ini 7 faktor utama yang memicu penyakit rematik

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk menyembuhkan eksim adalah minyak kelapa, madu, lidah buaya sebagai pelembap kulit. Selain itu, mengobati eksim bisa dilakukan dengan kompres air dingin dan mandi air hangat. Dengan cara alami, pengobatan eksim aman untuk kulit.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut tujuh cara ampuh menyembuhkan eksim tanpa konsumsi obat-obatan, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/5).


1. Menggunakan pelembap kulit alami.

BACA JUGA :
Sinyal bahaya demam berdarah (DBD), kenali bagian tubuh yang kerap mengalami nyeri

foto: freepik.com

Menggunakan pelembap kulit alami seperti minyak kelapa, lidah buaya, dan madu dapat menjadi bagian efektif dalam merawat dan menyembuhkan eksim. Pelembap kulit dengan bahan alami, mengandung beberapa manfaat, yaitu mengandung asam laurat yang memiliki sifat antimikroba untuk membantu melawan bakteri dan jamur yang bisa memperparah eksim.

Selain antimikroba, manfaat lainnya adalah anti-inflamasi untuk membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit yang terkena eksim. Dengan melembapkan kulit secara optimal, kamu dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang rusak akibat eksim.

Caranya cukup dengan mengoleskannya secara langsung ke area kulit yang terkena eksim beberapa kali sehari setelah mandi. Pastikan kebersihan kulit dan tangan saat proses pengaplikasiannya. Lakukanlah secara rutin, agar kulit yang terkena eksim selalu lembap, demi mendapatkan hasl yang optimal.

2. Menggunakan pakaian lembut dan longgar.

foto: freepik.com

Menggunakan pakaian lembut dan longgar adalah salah satu cara efektif untuk membantu menyembuhkan eksim tanpa konsumsi obat-obatan. Pakaian yang tepat dapat mengurangi iritasi, meningkatkan kenyamanan, dan membantu menjaga kesehatan kulit. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh bila menggunakan pakaian lembut dan longgar adalah mampu mengurangi iritasi.

Pakaian yang ketat atau berbahan kasar dapat menggosok kulit dan menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi inilah yang memperparah gejala eksim, seperti gatal dan kemerahan. Menggunakan pakaian longgar memungkinkan aliran udara yang lebih baik di sekitar kulit, sehingga membantu menjaga kulit tetap kering, dan mengurangi keringat berlebihan.

Selain itu, memakai pakaian longgar juga memberi kenyamanan sehari-hari. Ada beberapa contoh bahan pakaian yang direkomendasikan bagi penderita eksim, yaitu bahan katun, bambu, dan sutra.

3. Menghindari pemicu eksim.

foto: freepik.com

Menghindari pemicu eksim adalah salah satu langkah paling efektif dalam menangani eksim. Setiap orang mungkin memiliki pemicu yang berbeda, tetapi mengidentifikasi dan menghindari pemicu spesifik dapat membantu mengurangi gejala eksim yang parah. Beberapa jenis pemicu eksim yang patut dihindari, antara lain:

- Debu dan tungau kasur

- Serbuk sari

- Bulu hewan

- Deterjen keras

- Kosmetik atau skincare tinggi bahan kimia

- Sabun dan shampo berpewangi

- Udara panas dan kering

- Keringat berlebih

- Alergi makanan

- Stres berlebih

- Garuk-garuk

Dengan mengidentifikasi dan menghindari pemicu eksim, penderita dapat mengurangi frekuensi dan keparahan gejala yang semakin parah. Dengan begitu membantu menjaga kulit tetap sehat dan nyaman. Setiap orang mungkin memiliki pemicu yang berbeda, jadi penting untuk memantau gejala dan membuat penyesuaian yang diperlukan dalam rutinitas sehari-hari.

 

(brl/mal)

RECOMMENDED