Brilio.net - Memasuki awal 2017, beberapa negara di Asia mulai memasuki musim dingin. Di Indonesia sendiri juga telah mengalami musim hujan. Ngomong-ngomong soal hujan dan cuaca dingin pasti nggak lepas dari camilan hangat untuk mengisi perut, iya nggak Sobat Brilio?

Nah kali ini brilio.net bakal ngasih resep camilan yang jadi makanan khasnya negeri asal K-Pop, Mandu Jajanan. Makanan ini bisa disebut dumpling-nya Korea yang tentunya menggugah selera banget deh.

mandu korea © 2017 brilio.net

Buat kalian yang suka banget nonton drama-drama korea atau variety show-nya, pasti tidak asing lagi dengan makanan ini. Dijamin cocok banget deh untuk menemani harimu yang dingin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut resepnya, Selasa (3/1). Catat ya!

Bahan-bahannya:

Kulit/lapisan pembungkus

300 gram tepung terigu (2 cup)
1/2 sdt garam
2/3 gelas air hangat

Bahan isi

100 gram ayam giling
1/4 batang wortel
1 cup kecil tauge
1 bungkus soun ukuran kecil, rebus.
2 batang daun bawang
1/4 siung bawang bombay
2 siung bawang putih
2 sdm saus tiram
1/2 sdm gula
1 sdm garam
1 sachet lada putih halus
Minyak secukupnya

Cara membuat:

Membuat kulit

mandu korea © 2017 brilio.net

foto: koreanbapsang.com

1. Tambahkan dua cangkir tepung ke dalam mangkuk, masukan garam dan air panas sampai tercampur dengan tepung, lalu campur rata dengan menggunakan tangan.

2. Uleni adonan dengan tangan perlahan sampai adonan cukup halus sekitar 4-5 menit. Sampai adonan benar-benar menyatu dan tidak lengket di tangan atau tidak terlalu kaku.
3. Tutup adonan yang telah jadi dengan plastik bening, diamkan selama 30 menit agar adonan mengembang dan lembut.
4. Setelah itu bagi adonan yang sudah jadi menjadi empat bagian dengan pisau. Setelah itu taburi masing-masing adonan dengan sedikit tepung terigu agar nggak lengket di tangan lalu buat gulungan adonan pakai tangan hingga berdiameter ¾ sampai 1 inchi.
5. Potong gulungan adonan tadi menjadi beberapa bagian dengan panjang masing-masing kira-kira 2 Cm, lalu buat bulatan tipis dari potongan tadi pakai rolling pin. Lalu simpan dalam mangku dan tutup dengan plastik agar adonan pembungkus tidak kering.

Membuat isian

mandu korea © 2017 brilio.net

foto: mykoreankitchen

1. Bersihkan sayuran, potong-potong dadu wortel. Iris daun bawang dan bawang bombay. Cincang bawang putih. Sisihkan.

2. Campurkan ayam giling dengan 1/5 sdm garam, 1/5 sachet lada halus, dan 1 sdm saus tiram. Aduk rata dan diamkan selama ±5 menit.
3. Tumis ayam giling yang sudah dibumbui tanpa minyak hingga matang.
4. Masukkan wortel yang sudah dipotong dadu kecil, tauge yang sudah dipotong, bawang putih cincang, potongan daun bawang dan bawang bombay ke dalam mangkuk. Campur bersama dengan ayam cincang, soun serta 1/5 sdm garam, 1 sdm gula, 1 sdm saus tiram, 1/2 sachet lada halus. Aduk rata. Isian siap digunakan.

mandu korea © 2017 brilio.net

foto: koreanbapsang

5. Masukkan isian mandu ke dalam kulit pangsit. Gunakan air untuk merekatkan pinggiran kulit pangsit.

mandu korea © 2017 brilio.net

foto: mykoreankitchen

6. Ada banyak cara untuk menikmati mandu, kali ini Brilio ngasih dua cara, yaitu digoreng dan dikukus.

mandu korea © 2017 brilio.net

foto: mykoreankitchen

7. Untuk yang dikukus, kamu oleskan minyak pada alat pengukus agar mandu tidak lengket dan mudah diangkat. Beri jarak saat meletakkan mandu di kukusan agar tidak saling menempel.

mandu korea © 2017 brilio.net

foto: mykoreankitchen

8. Nah kalau kamu ingin menggorengnya, tinggal masukkan mandu ke dalam wajan yang berisi minyak, angkat setelah berwarna kuning keemasan.

Hmmmm... Mandu siap dinikmati!!!

mandu korea © 2017 brilio.net

foto: daehanmingukmansae.tumblr.

RECOMMENDED