Brilio.net - Seiring dengan perkembangan dunia kuliner, makin beragam pula makanan yang ada. Mulai dari makanan hasil inovasi baru, lalu ada juga kombinasi dari makanan tradisional yang disajikan dengan cara yang kekinian.

Meski begitu jajanan tradisional tetap tak bisa dipandang sebelah mata. Masih banyaknya orang yang mencari makanan ini menjadi bukti bahwa eksistensi makanan tradisional tak luntur dimakan zaman. Kamu pasti juga masih doyan deh!

Nah, di antara jajajan tradisional favorit orang-orang, ada yang dikenal karena kejutan di dalamnya. Kejutan yang manis dan membuat ketagihan. Wah, apa tuh? Beberapa ada yang berisi cairan gula merah ada juga bubuk kacang hijau.

Hmmm... Membayangkannya saja sudah membuat perut keroncongan ya? Berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber, Sabtu (29/10), jajanan yang cita rasanya alangkah dahsyatnya jika isi intinya keluar di dalam mulut.


1. Klepon.

jajanan isi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@afif_ryanti

Klepon kadang juga disebut onde-onde manis. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah, lalu direbus dalam air mendidih. Terakhir, klepon disajikan dengan taburan kelapa parut.


2. Putu.

Loading...

jajanan isi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@jajanan_rakyat

Kue putu merupakan kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini dikukus kemudian diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan. Kue ini biasanya berwarna putih dan hijau.


3. Mendut.

jajanan isi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@stephanielukman

Rasanya yang enak dengan tekstur kenyal karena terbuat dari beras ketan berpotensi disukai banyak orang. Kue mendut berwarna hijau dibungkus dengan daun pisang dan diberi kuah santan di dalamnya. Saat digigit kamu akan dikejutkan dengan isi gula kelapa yang manis dan legit. Di Sulawesi makanan ini disebut Kue Bugis Ketan.


4. Kue Dadar Gulung.

jajanan isi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@mrs.achmady

Dadar gulung adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa. Dadar gulung sendiri dibuat dari tepung beras, pandan dan daun suji yang digulung sehingga membentuk lembaran tipis berwarna hijau. Kemudian digulung dan diisi dengan parutan kelapa manis (parutan kelapa yang dicampur dengan gula).


5. Kue Mochi.

jajanan isi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@m_shantie

Kue dari Jepang ini terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Meski begitu, di Indonesia makanan ini dikenal sebagai buah tangan khas Sukabumi, dengan isian adonan kacang. Jika digigit, rasa manisnya akan terasa. Apalagi sensasinya saat pertama keluar di dalam mulut.


6. Kue Ku.

jajanan isi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@bunda_ghaida

Kue Ku sebenarnya berasal dari negeri Tiongkok, namun kini populer juga di Indonesia. Kue bertekstur kenyal yang umumnya berbentuk kura-kura ini dalamnya berisi kacang hijau yang sudah dilembutkan dan memiliki cita rasa manis.


7. Cemplon.

jajanan isi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@hanhanny

Cemplon atau ada juga yang menyebutnya dengan Jemblem adalah salah satu makanan yang terbuat dari singkong. Makanan ini umumnya berbentuk bulat atau oval yang di dalamnya terdapat isian gula jawa atau gula merah.


8. Onde-onde.

jajanan isi © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@resepku_yummy

Makanan ini terbuat dari tepung terigu dengan tepung ketan yang digoreng dan permukaannya ditaburi dengan biji wijen. Umumnya onde-onde di dalamnya diisi kacang hijau kupas yang sudah dihaluskan.

RECOMMENDED