Brilio.net - Konon banyak orang mengaku tidak puas dengan rasa masakan yang ia buat jika tidak menambahkan penyedap rasa atau yang kerap dikenal dengan sebutan micin. Bahan penyedap yang bernama lain Monosodium Glutamat (MSG), adalah garam yang terdiri dari sodium/natrium (Na) dan glutamate yang akan menguatkan cita rasa masakan.

Eits, tapi membuat masakan yang enak ternyata tidak harus menggunakan micin lho. Banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan micin. Apa saja? Berikut brilio.net ulas 5 bahan penyedap alami yang bisa jadi pengganti micin.

1. Bawang Putih.

bahan penyedap alami © 2017 brilio.net

Loading...

foto: healthline.com

Penggunaan bawang putih dan rempah-rempah lainnya sejak dulu sudah terkenal dapat menambah cita rasa nikmat pada masakan. Bawang putih merupakan pemberi rasa sedap alami yang paling banyak digunakan. Jadi jangan ragu untuk menambahkannya! Selain menambahkan bawang putih segar saat memasak, kamu juga bisa menambahkan bawang putih bubuk. Cara membuat bawang bubuk pun cukup mudah. Kamu tinggal menggoreng bawang putih sampai kering, tiriskan lalu haluskan.

2. Gula Pasir.

bahan penyedap alami © 2017 brilio.net

foto: vibe.ng

Tak hanya untuk membuat minuman, tahukah kamu kalau gula bisa membuat makanan lebih enak? Caranya cukup tambahkan sedikit gula dalam masakan. Perpaduan antara garam dan gula yang pas akan menghasilkan rasa gurih di lidah. Tapi jangan menambahkan gula berlebihan agar masakan tidak kemanisan.

3. Udang, teri atau ebi.

bahan penyedap alami © 2017 brilio.net

foto: mobile-cuisine.com

Makanan laut memiliki ‘vetsin’ alami dalam tubuhnya, menghasilkan rasa gurih dan nikmat. Rasa gurih dari udang memang bisa secara langsung membuat makanan lebih enak dan mantap. Tidak heran terasi udang, ebi (udang kering) atau udang rebon pun sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan.

4. Kaldu.

bahan penyedap alami © 2017 brilio.net

foto: finecooking.com

Aneka kaldu bisa menjadi alternatif lain pengganti MSG. Kaldu terbuat dari rebusan bahan yang bisa menghasilkan rasa gurih alami misalnya sapi, ayam, udang, ikan, bahkan jamur. Tambahkan juga beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat. Saat proses perebusan, biasanya akan muncul buih-buih putih yang terapung diatas air. Kalau buih-buih itu muncul, buang buih hingga bersih agar kaldu yang dihasilkan tetap bening nantinya. Setelah masak, saring kaldu dengan kain tipis dan simpan di dalam wadah tertutup di dalam freezer. Jadi saat kamu membutuhkannya bisa langsung menambahkan kaldu pada masakan. Gampang kan?

RECOMMENDED